Jelajahi artikel parenting bayi dan anak

Latih Kemampuan Sensorik, Motorik & Kognitif si Kecil dengan Dua Permainan Ini

Ketika si Kecil berusia 6 bulan, Moms sudah bisa mulai melatih kemampuan sensorik dan motoriknya. Pada saat yang bersamaan, Moms juga bisa menstimulasi kemampuan kognitif si Kecil. Caranya adalah dengan memberikan mainan yang mengajak si Kecil belajar menyusun dan memilah warna dan mengajaknya bermain cilukba.

Main Susun dengan Rock-a-Stack, Stimulasi si Kecil untuk Melakukan Sesuatu

Mainan bayi fungsinya bukan sekadar sebagai hiasan atau sesuatu yang bisa dimainkan. Namun, sebaiknya mainan bayi memiliki manfaat lebih dari itu, yaitu menstimulasi si Kecil untuk lebih tumbuh dan berkembang..

Saat si Kecil memasuki usia 6 bulan, Moms bisa memberikan mainan susun. Sepert, Fisher-Price® Rock-a-Stack. Mainan susun ini memiliki ukuran lingkaran yang berbeda-beda untuk dieksplorasi si Kecil.

Pada masa awal diperkenalkan dengan mainan, kemungkinan besar si Kecil hanya memberikan sedikit reaksi ini bentuknya berupa tanggapan yang bermacam-macam, seperti melihat dengan antusias, tertawa, atau menggerakkan tubuh karena merasa tertarik. Namun, lama kelamaan, ketika sudah sering melihat mainan tersebut, si Kecil akan memberikan reaksi yang lebih besar. Misalnya, mengambil mainan tersebut, menggoyang-goyangkan, atau bahkan memasukkan ke mulut. Ada momen di mana si Kecil berinteraksi dengan mainan tersebut.

Pada saat si Kecil sudah menunjukan ketertarikan dan aktif memainkan mainan tersebut, berarti Moms sudah mendukung tumbuh kembang si Kecil dan kemampuannya dalam berinteraksi serta bereksplorasi..



Manfaat Mainan Susun Rock-a-Stack

Meskipun tampak sederhana bagi orang dewasa, mainan ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi si Kecil, yaitu:

  • Membuat si Kecil berlatih merencanakan melakukan sesuatu. Ketika melihat mainan tersebut, si Kecil jadi punya keinginan untuk melakukan sesuatu. Dia pun berusaha mengambil mainan itu dan menyusunnya.

  • Meningkatkan kemampuan motorik kasar. Si Kecil akan mulai merangkak ke arah mainan susun tersebut. Apabila mainan itu jatuh berserakan, si Kecil akan berusaha mengambilnya. Dia akan berusaha mendekati dan meraih mainan tersebut dengan merangkak menggunakan tangan dan lutut. Di sinilah motorik kasarnya terlatih. Selain itu, mainan ini juga dapat membantu si Kecil belajar duduk sambil bermain.

  • Melatih koordinasi tangan dan mata. Ketika si Kecil memegang lalu menumpuk mainan itu dan meletakkannya pada tonggaknya, berarti mata dan tangannya sedang berkoordinasi.

  • Melatih indera peraba si Kecil dan meningkatkan aktivitas tangan. Pada saat memegang mainan susun, indera perabanya terlatih. Si Kecil jadi tahu rasanya memegang benda bulat. Aktivitas tangannya pun meningkat.

  • Mengenalkan si Kecil pada bentuk. Mainan susun itu berbentuk lingkaran dengan ukuran yang berbeda-beda. Si Kecil pun mulai mengenal bentuk dan ukuran.

  • Mengajarkan si Kecil memecahkan masalah. Setelah si Kecil mengenal bentuk dan ukuran, juga akan mulai berlatih memecahkan masalah. Si Kecil lama kelamaan akan mengerti cara meletakkan cincin itu ke kayu tonggaknya. Lalu, seiring berkembangnya usia, si Kecil akan tahu bahwa mainan itu akan rapi dan stabil apabila yang berukuran lebih besar diletakkan di bawah lingkaran yang kecil.

  • Melatih si Kecil mengenal warna. Mainan lingkaran susun biasanya memiliki warna yang berbeda-beda. Hal ini sengaja dibuat agar si Kecil belajar mengenal dan memahami warna


Fisher-Price® Rock-a-Stack didesain dengan bagian bawah yang tidak datar, sehingga bisa bergoyang. Ketika bermain mainan susun ini, si Kecil juga berlatih banyak hal, salah satunya pergerakan mata.