Rayakan Tiap Langkahnya

Kapan Si Kecil Akan Mulai Berjalan? Saat Mereka Siap!

Erin D’Rozario  

Child Testing Researcher at the Fisher-Price Play Lab 

B.S. Human Services & Child Development; Adolescent Services and Development 

Ibu dari 2 anak 

Tips Utama!
Tidak punya waktu luang untuk membaca? Jangan khawatir. Beberapa hal penting yang perlu Moms tahu tentang kemampuan si Kecil:
  • Si Kecil akan mulai berjalan biasanya sekitar 12-13 bulan, tapi tentu beberapa anak ada yang lebih cepat, ada juga yang harus menunggu lebih lama (setiap anak berbeda lho)
  • Banyak cara untuk membantu mereka siap untuk berjalan, dari mulai menggunakan mainan atau dengan memberikan semangat!
  • Ingat Moms, tidak perlu terburu-buru. Si Kecil akan mulai berjalan ketika mereka siap dan setelah itu, percayalah mereka sudah tidak bisa dihentikan!

“Kapan si Kecil mulai berjalan?” 

Sebagai ahli perkembangan anak, sering sekali aku mendapatkan pertanyaan seperti ini. Orangtua terkadang melihat anak seusia anak mereka yang sudah bisa berjalan, jadi berpikir, “Apa anakku yang kurang cepat ya?' Untuk Moms yang sering menanyakan hal serupa, jawabanku selalu sama, “si Kecil akan bisa berjalan saat mereka sudah siap”.


Realitanya, setiap anak memiliki waktu yang berbeda-beda. Kita saja sebagai orang dewasa tidak bisa lari marathon tanpa latihan, sama halnya dengan si Kecil yang sedang mulai untuk belajar jalan.


Fisher-Price 2-Sided Steady Speed Walker


Berikut beberapa tips yang bisa Moms terapkan untuk membantu si Kecil berjalan. Sambil menunggu, mari menikmati fase kehidupan sang buah hati menjelang mereka mulai bisa saling mengejar!


Mengapa belajar berjalan itu sangat diperlukan?


Sangatlah jelas, untuk kita semua, jalan itu penting. Tapi untuk si Kecil, jalan bisa sangat merubah banyak hal dan menjadi salah satu momen paling ditunggu-tunggu oleh orang tua. Inilah tahapan bagaimana belajar jalan dapat membantu tumbuh kembang si Kecil.





Fisher-Price Learn with Me Zebra Walker 


  • Koordinasi & keseimbangan
    Belajar berjalan dapat membantu si Kecil menjadi lebih kuat, koordinatif, dan seimbang. Tiga hal inilah yang akan menjadi pondasi untuk aktivitas si Kecil sepanjang hidup mereka!
  • Pandangan baru
    Dengan berjalan, si Kecil dapat melihat dunia dari sudut pandang yang baru dan belajar cara bepergian dari titik A ke titik B (apalagi si Kecil bisa melihat dengan jelas benda apa saja yang berada di atas meja)
  • Independensi
    Belajar jalan membantu menumbuhkan kemandirian si Kecil dan membuka jalan untuk aktivitas baru yang sangat seru, seperti berlarian dan meloncat seiring tumbuh kembang mereka, serta banyak hal lain yang siap untuk dieksplor!

 

Bagaimana cara membantu si Kecil untuk mulai berjalan:

Berikut beberapa tips umum yang dapat membantu si Kecil mengambil langkah pertama:

  1. Kencangkan otot-otot.
    Tidak perlu menunggu sampai si Kecil menunjukkan tanda-tanda mau berjalan dan terlihat kuatnya otot-otot mereka. Ketika sudah sekitar 6 bulan, Moms bisa menggendong tubuh si Kecil di bawah ketiak dengan kaki menyentuh tanah atau paha. Biarkan mereka membawa beban tubuhnya di kaki dan bantulah mereka untuk melompat-lompat!
  2. Tawarkan sesuatu yang mereka sangat inginkan.
    Ketika si Kecil menunjukkan tanda-tanda ingin berjalan, Moms dapat mendudukan mereka di samping sofa sambil memberikan mainan favorit untuk mendorong mereka berdiri dan bermain, atau Moms bisa juga berdiri atau meletakkan mainan beberapa langkah dari mereka lalu dorong mereka bergerak menggunakan bantuan sofa di sekitarnya. Saat si Kecil mulai berkeliling, bersihkan jalannya agar aman dari barang-barang yang sekiranya dapat membahayakan mereka.
  3. Berikan pegangan tangan.
    Saat si Kecil mulai bisa berjalan, Moms bisa memberikan bantuan dengan menggenggam kedua tangan mereka dari belakang. Biarkan mereka cari keseimbangan sendiri lalu bantu ambil langkah pertama.
  4. Berikan semangat!
    Semangat adalah kuncinya! Ketika Moms lebih seru dan bersemangat, hal tersebut bisa membantu si Kecil lebih fokus dan melupakan apa yang sedang diupayakan oleh tubuh mereka dan juga membantu mereka untuk mengambil langkah pertama!

Tips berjalan yang spesial

Berikut beberapa hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh Moms:

  1. Bantu mereka menemukan pijakan kaki.
    Berjalan tanpa alas kaki sangat berbeda dan bisa menjadi pengalaman belajar yang seru. Moms bisa mencoba membiarkan si Kecil latihan menggunakan kaos kaki dan sepatu sendiri agar ketika mereka mulai dapat berjalan, mereka punya kepercayaan diri!
  2. Jelajahi medan yang berbeda.
    Pastinya dengan bantuan Moms, ajak si Kecil untuk mencoba permukaan yang beda, seperti lantai kayu, karpet, rumput, atau jerami di taman bermain, agar tubuh mereka paham cara beradaptasi dengan keadaan atau tempat yang berbeda-beda.
  3. Jadilah bagian dari keseruan!
    Terkadang si Kecil cukup duduk di sekitar anak-anak yang seumur atau lebih tua yang sedang asik berlari-lari dan seru-seruan, agar dapat menjadi motivasi untuk mereka meniru apa yang anak-anak lain lakukan!
  4. Tak perlu khawatir.
    Manfaatkan kesempatan ini untuk menghabiskan waktu lebih banyak dengan si Kecil, seperti melakukan kegiatan sehari-hari dengan melibatkan anak dan biarkan mereka berjalan. Semakin sering mereka berlatih, semakin cepat pula mereka jadi fasih berjalan atau bahkan sudah dapat jalan sendiri!

Tahapan dalam berjalan

Berikut perkiraan tahapan perkembangan berjalan pada si Kecil. Ingat, Moms tidak perlu khawatir jika si Kecil belum sesuai dengan jadwal atau bahkan skip beberapa langkah! Seperti biasa, apabila Moms memiliki kekhawatiran tentang perkembangan buah hati segera untuk berkonsultasi dengan dokter anak.


(3-7 bulan)

  • Menahan beban sebagian di kaki
  • Menahan beban penuh di kaki
  • Menahan beban dan melompat
(6-13 bulan)
  • Berdiri sambil berpegangan pada objek atau ada seseorang yang menjaga ketika ditempatkan dalam posisi berdiri
  • Menarik diri untuk berdiri dengan menggunakan objek
  • Berdiri sejenak
  • Berjalan dengan berpegangan pada suatu objek

(10-15+ bulan)

  • Berjalan dengan berpegangan pada suatu objek
  • Berjalan dengan dua tangan dipegang
  • Berjalan dengan satu tangan dipegang
  • Berjalan tanpa bantuan objek

Keseruan dan berjalan itu dapat beriringan!

Baby walker atau kursi yang dilengkapi roda sangat cocok untuk si Kecil yang berusia 6-36 bulan! Sebelum si Kecil bisa berdiri, berjalan dengan bantuan, atau bahkan berjalan sendiri, mereka bisa duduk dan bermain menggunakan mainan tersebut. Begitu mereka sudah cukup besar untuk berdiri, Moms bisa  dengan perlahan-lahan (dengan tetap tangan Moms tetap berada di mainan) doronglah mainan tersebut ke depan bersama mereka. Si Kecil akan mulai menggerakan kaki mereka seperti sedang jalan. Terkadang, mereka juga bisa "membeku" dan tidak ingin menggerakan kaki. Jika sudah berada pada situasi tersebut, cobalah Moms untuk perlahan pindahkan kaki yang berada di belakang maju ke depan. Hal ini akan membantu si Kecil untuk menggerakkan tubuh mereka agar bisa berjalan!


Tugas Orang Tua


Jadi, bagaimana kabar Moms?

Tahapan berjalan merupakan tahap perkembangan yang sangatlah seru, dan kebanyakan orang tua tidak sabar untuk menunggu si Kecil bisa mendapatkan langkah pertama. Aku tahu hal ini memang sedikit sulit, tapi coba Moms untuk tidak membandingkan si Kecil dengan yang lainnya. Si Kecil akan berjalan ketika mereka siap. Begitu mereka pada akhirnya mengambil langkah pertama, hal ini bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan dan Moms pasti sangat bangga. Terkadang hal-hal seputar tumbuh kembang anak ini bisa membuat perasaan orang tua tersentuh, terlebih lagi ketika Moms sadar seiring bertambahnya usia, si Kecil terlihat semakin mandiri dimana mereka bisa tumbuh dari titik A ke titik B tanpa bantuan Moms.


Belanja mainan untuk berjalan yuk, Moms!