Rayakan Tiap Langkahnya

Bantu Si Kecil Duduk Tegak: Tips Cepat dari Ahli Pengembangan Anak

Say hello to dunia parenting yang seru! Fisher-Price ada di sini untuk bantu Moms nikmati setiap kemenangan kecil, buang jauh-jauh ekspektasi, dan pastinya tambah semangat positif. Setelah lebih dari 90 tahun jadi teman setia keluarga, Fisher-Price paham betul kalau perkembangan anak itu terjadi dengan sangat alami ketika kebahagiaan menjadi prioritas.


Erin D’Rozario  

Child Testing Researcher at the Fisher-Price Play Lab 

B.S. Human Services & Child Development; Adolescent Services and Development 

Ibu dari 2 anak


Tips Utama

Tidak memiliki waktu luang untuk membaca? Tidak perlu khawatir. Berikut beberapa tips singkat untuk membantu si Kecil belajar duduk tegak.

  • Perbanyak waktu tengkurap untuk membangun fondasi kuat agar bisa duduk tegak.
  • Dudukkan si Kecil di pangkuan atau lantai (dengan dukungan Moms) agar bisa berlatih posisi duduk.
  • Posisikan si Kecil duduk dan tekuk siku lembut agar bersandar pada lengan bawah. Hal ini membantu mereka belajar cara menggunakan tubuh sebagai support!

Si Kecil sudah asyik berguling ke sana kemari, tidak bisa diam. Mungkin Moms penasaran kapan si Kecil akan siap memulai duduk. Tenang ya, aku akan bantu di sini!


Hai, aku Erin. Aku seorang ahli tumbuh kembang pediatri sosial dan juga ibu dari dua anak, jadi saya tahu persis rasanya seperti apa. Yang namanya khawatir, kegembiraan, kelelahan... aku udah khatam!


Mari aku beritahu bagaimana biasanya si Kecil mencapai tahap tersebut dan tentunya tips yang bisa Moms terapkan untuk membantu si Kecil meraih dunia baru tersebut.

Fisher-Price Infant to Toddler Rocker


Mengapa Duduk itu Penting?


Jika si Kecil sudah mulai bisa duduk sendiri, sekarang waktunya untuk bermain-main di lantai bersama mereka. Moms bisa mengenalkan si Kecil bermain dengan cara baru, memperkenalkan si Kecil pada berbagai pemandangan, suara, dan pengalaman seru—tanpa harus menggunakan tangan! Duduk dengan tegak juga merupakan langkah awal untuk pencapaian-pencapaian berikutnya! Misalnya, merangkak dan jalan.


Masih lekat di ingatanku ketika anak bungsuku pertama kali duduk dan benar-benar terlibat dalam bermain. Putriku mengangkat salah satu mainannya yang paling disukainya sementara si Kecil didukung tegak, dan ketika dia membuat kontak mata dengannya, dia membuat wajah kegembiraan yang paling menggemaskan dan langsung meraih mainan itu! Momen yang spesial untuk dia, aku, dan kakak perempuannya yang ikut menyaksikan.


Tips untuk Membantu Si Kecil Belajar Duduk:
  1. Lanjutkan bermain tengkurap. Bagaimanapun, latihan inti ini mungkin bukan menjadi favorit banyak orang, tapi otot inti dan leher yang kuat itu sangat penting untuk mendukung badan saat duduk. Jadi, pastikan si Kecil rajin berlatih ya!Lanjutkan bermain tengkurap.
  2. Sering berlatih agar lancar. Agar si Kecil mengenali posisi duduk (dan pandangan baru yang seru), Moms bisa mendudukan mereka di pangkuan atau bantu tahan badannya ketika mereka sedang berlatih di lantai. Duduk yang didukung ini dapat membantu si Kecil belajar cara memposisikan kepala, leher, dan punggung untuk mendapatkan semua pengalaman baru tersebut.
  3. Lakukan dengan langkah sederhana. Bantu si Kecil dengan latihan sederhana yang menunjukkan cara mereka dapat menggunakan tubuh sebagai dukungan. Pertama, dukung mereka dalam posisi duduk di lantai. Kemudian tekuk siku si Kecil dengan lembut dan miringkan ke depan, sehingga mereka menopang diri pada lengan bawah mereka. Lihat deh, si Kecil bisa!

Sebagian besar bayi biasanya menunjukkan tanda-tanda siap duduk sekitar usia 5 bulan. Tapi perlu diingat, setiap bayi berbeda dan juga pencapaian mereka juga berbeda-beda. Berikut garis besarnya yang perlu Moms ketahui. 


3 bulan – 6 bulan

Bayi mulai bisa menahan kepala saat ditempatkan dalam posisi duduk


5 bulan – 7 bulan

Bayi mulai bisa melakukan posisi duduk dengan bantuan atau "segitiga duduk" (duduk dengan posisi tangan di tanah dan di depan mereka)


8 bulan – 9 bulan

Bayi kemungkinan bisa melakukan posisi duduk beberapa menit tanpa dukungan sebelum tumbang


9+ bulan

Bayi mulai bisa melakukan posisi duduk mandiri dan stabil 


Fisher-Price Learn with Me Zebra Walker

 

Tugas Orang Tua

Jadi, bagaimana perasaan Moms? Tentu sangat antusias jika melihat si Kecil sampai pada tahap penting ini. Seru kan!


Tapi, seperti yang sebelumnya sudah aku katakan, setiap bayi memiliki tahap dan waktu perkembangan masing-masing. Mungkin ada teman-teman Moms yang memiliki bayi seusianya yang sudah bisa melakukan posisi duduk, merangkak, atau bahkan mungkin menulis novel fiksi pertamanya. Tapi jangan sampai terjebak hal ini ya. Jangan khawatir, si Kecil akan mencapai tahap itu juga, ketika mereka sudah siap.


Coba tarik napas Moms. Dengan waktu yang sesuai (dan bantuan sesekali), si Kecil yang masih agak goyah itu akan bisa duduk tegak dan siap membuat petualangan selanjutnya!


Temukan Keseruan Duduk

Berikut opsi untuk membantu mendukung si Kecil saat mereka belajar duduk sendiri dan tetap terlibat saat mereka berlatih keterampilan penting ini.


Fisher-Price Learn with Me Zebra Walker