Rayakan Tiap Langkahnya

Dorong perkembangan fisik dan kognitif si Kecil, dengan banyak olahraga?

Pasti banyak nih, Moms yang bersemangat untuk kembali tampil bugar sesaat setelah melahirkan, dengan rutin melakukan olahraga. Tapi, pernahkah Moms bertanya-tanya, apakah si Kecil juga butuh berolahraga ya di usianya yang masih beberapa minggu?

Ternyata, si Kecil yang banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, juga perlu berolahraga juga untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan motoriknya pada masa awal perkembangannya. Lalu, bagaimana cara memulainya ya? Olahraga apa yang cocok untuk si Kecil?

Yuk, kita bahas “spot olahraga” khusus untuk si Kecil terlebih dulu!

1. Hias spot olahraga si Kecil dengan warna cerah, untuk menstimulasi penglihatannya!

Kunci utama dalam menyiapkan spot olahraga untuk si Kecil adalah memberikan warna cerah pada ruangannya! Oleh karena itu, banyak sekali tempat bermain anak-anak yang menggunakan warna-warna utama yang cerah.

Karena kemampuan penglihatan bayi pada tahap perkembangan ini masih belum sepenuhnya sempurna, akan sangat mudah untukmu mengambil perhatian si Kecil engan warna-warna yang cerah dengan kontras tinggi. Warna tersebut dapat menstimulasi sel saraf optik pada otak bayi. Dengan begitu seiring berjalannya waktu, kemampuan penglihatan si Kecil akan semakin berkembang, dan si Kecil akan semakin mudah mengenali mainan-mainan yang ada di sekitarnya.

Moms bisa juga menggunakan SOOTHE & PLAY SEAHORSE MOBILE untuk digantung di pada pinggir kasur si Kecil, agar si Kecil bisa melihat mainan berwarna-warni sembari ia berbaring di kasurnya. Karena mainan ini terdiri dari beberapa karakter hewan yang lucu dan berwarna, si Kecil pun bisa meningkatkan kemampuan penglihatannya. Moms bisa juga memutar kuda laut favorit si Kecil, supaya si Kecil bisa sekaligus melatih pergerakan bola matanya. Lama kelamaan, si Kecil pun bisa mulai belajar mengenali objek-objek di sekitarnya.

 
2. Olahraga “multi-task” ternyata baik untuk si Kecil!
 
Perkembangan fisik adalah hal kedua yang perlu Moms perhatikan saat memulai olahraga untuk si Kecil. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan “suasana” berolahraga yang bisa mendorong si Kecil untuk berlatih menggenggam, meregangkan badan, tengkurap, dan berguling. Semua pergerakan ini tentunya dapat membantu perkembangan kontrol otot yang baik untuk si Kecil.

Salah satu mainan yang bisa kamu gunakan untuk mendorong perkembangan fisik dan kognitifnya adalah KICK & PLAY PIANO GYM. Mainan ini dapat menarik perhatian si Kecil dan mendorong si Kecil untuk menggerakan badannya, saat si Kecil mencoba meraih mainan-mainan yang menggantung. Seiring berjalannya waktu, si Kecil pun mulai mengembangkan kekuatan dan kontrol ototnya lewat permainan ini.

 
3. Permainan interaktif untuk meningkatkan perkembangan kognitif si Kecil
 
Perkembangan kognitif adalah hal ke-3 yang harus Moms perhatikan, nih. Hal ini dilakukan dengan cara mendorong si Kecil untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya melalui interaksi, serta mensimulasikan konsep “aksi-reaksi” lewat permainan yang menyenangkan. Contohnya saja, berikan si Kecil mainan yang apabila ditendang, bisa menghasilkan bunyi secara otomatis. Penting sekali untuk kita membiarkan si Kecil bereksplorasi dengan mainannya. Dengan melakukan hal tersebut terus menerus, otak si Kecil akan mulai belajar untuk mengasosiasikan satu hal dengan hal lainnya.

Mainan yang sangat pas untuk ini adalah KICK & PLAY PIANO GYM! Si Kecil bisa menendang tuts piano mainan dan si Kecil dapat menciptakan musiknya sendiri. Suara yang dihasilkan dari mainan ini akan membuat si Kecil semakin bersemangat untuk terus bereksplorasi dengan mainannya, dan mendorong si Kecil untuk meregangkan kakinya untuk menghasilkan suara lain. Dengan begitu, si Kecil pun dapat melatih otot kakinya sembari mengenal konsep “aksi-reaksi”.



Moms juga bisa meletakkan aluminium foil untuk bahan bertekstur lainnya pada pedal untuk injakan si Kecil. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif si Kecil dengan mengenalkan perbedaan tekstur pada setiap bahan. Terlebih lagi, cermin yang dipasang (khusus untuk perkembangan penglihatan) pada spot olahraga si Kecil, bisa menarik perhatiannya juga!

Nah, semoga Moms mulai bisa lebih mengerti cara menciptakan suasana olahraga untuk si Kecil ya. Langsung praktekkan di rumah ya Moms!
Tulisan yang kami lampirkan di atas hanyalah sebagai saran. Kami merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda, untuk informasi yang lebih lanjut.

 

©2018 Mattel All Rights Reserved