Rayakan Tiap Langkahnya

4 faktor yang memfasilitasi perkembangan intelektual si Kecil

Kecerdasan si Kecil merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian Moms ya tentunya. Untuk mengembangkannya, Moms berupaya keras dalam menjaga pola makan bayi, bertindak seperti ahli gizi, benar-benar memperhatikan jumlah protein karbohidrat, vitamin dan lemak yang dikonsumsi si Kecil. Selanjutnya apa lagi ya yang kita dapat lakukan untuk membantu perkembangan intelektual si Kecil?

Perkembangan kecerdasan bayi membutuhkan rangsangan yang berasal dari luar. Jika Moms ingin si Kecil memiliki kehidupan yang bahagia dan tercukupi, Moms perlu menyiapkan makanan yang kaya akan nutrisi intelektual setiap harinya untuk si Kecil yaitu cinta, stimulasi sensorik, suplemen pengalaman dan kebiasaan sehari-hari. 4 poin ini layaknya 4 zat nutrisi esensial dalam makanan yang dapat memancing perkembangan intelektual si Kecil dari 4 sisi.

Perkembangan intelektual ditunjukkan dalam berbagai aspek kemampuan bayi, yaitu kemampuan eksplorasi, kemampuan mengenali hal-hal baru, kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan belajar.

1. Cinta, membantu si Kecil bereksplorasi dengan bahagia
 
Cinta orang tua sama pentingnya dengan protein dalam makanan si Kecil. Bayi yang menerima cinta dapat menumbuhkan rasa percaya dan berharap agar keinginan mereka dapat terpenuhi. Kepercayaan mendasar seperti ini memungkinkan bayi untuk rileks. Seiring dengan lebih banyaknya pengalaman yang terkumpul, si Kecil akan mulai belajar tentang dunia. Bayi yang mendapatkan cinta akan memiliki keinginan lebih untuk mengeksplorasi, mencoba hal-hal baru, serta mengembangkan kemampuan baru.

 
2. Stimulasi sensorik, membantu si Kecil mempelajari hal-hal baru
 
Karbohidrat dapat menambah massa tubuh dan membuat tubuh berenergi. Sama halnya dengan si Kecil yang membutuhkan stimulasi sensorik yang stabil untuk memfasilitasi fungsi aktif otak mereka. Stimulasi visual dan auditori juga dapat memfasilitasi kemampuan koordinasi tangan dan mata secara khusus. Contohnya, Moms dapat membiarkan si Kecil berbaring di KICK & PLAY PIANO GYM untuk berlatih setiap harinya. Ketika Moms menyentuh mainan berwarna-warni yang dapat digerakkan untuk mengeluarkan suara, warnanya yang beragam dan terang mampu merangsang perkembangan visual bayi. Ketika si Kecil menggenggam mainan yang bergerak karena penasaran, tidak hanya kemampuan koordinasi tangan dan mata serta motorik halus tangan mereka saja yang dapat dilatih, melainkan juga mereka menyadari bahwa tangan mereka yang menyentuh lonceng mainan menjadi penyebab munculnya suara. Tuts piano yang diinjak juga dapat mengeluarkan suara menyenangkan sehingga merangsang otak si Kecil untuk mengeksplorasi hal-hal baru.
 
3. Suplemen pengalaman, kembangan kemampuan si Kecil dalam memecahkan masalah
 
Vitamin biasanya disebut sebagai suplemen nutrisi, dan pengalaman dalam tumbuh kembangnya juga dapat menjadi semacam suplemen bagi perkembangan otak si Kecil. Faktanya, semua hal yang telah Moms lakukan untuk si Kecil berada di luar jangkauan normal psikologis serta fisik bayi. Sehingga hal-hal yang Moms lakukan untuk si Kecil merupakan “suplemen pengalaman” untuk si Kecil, sama halnya seperti vitamin bagi mereka. Banyak mainan yang dapat dianggap seperti suplemen pengalaman ini, yang mampu mengembangkan kemampuan memecahkan masalah si Kecil. Menghadapi dan memecahkan masalah bersama si Kecil melalui permainan juga termasuk salah satu suplemen pengalaman, yang akan membantu mereka belajar bagaimana memecahkan masalah dengan bijak.
 
4. Kebiasaan baik, memfasilitasi perkembangan kemampuan belajar si Kecil
 
Membangun kebiasaan harian yang baik untuk si Kecil dapat memperbaiki perilaku atau kebiasaan buruk dalam prose tumbuh kembangnya secara tepat. Sebagaimana lemak yang terbagi atas lemak baik dan jahat untuk kesehatan, disiplin dan kebiasaan yang efektif merupakan “lemak baik” untuk si Kecil. Sebaliknya, jika kebiasaan serta aturan baik diabaikan, si Kecil akan kesulitan atau harus menanggung konsekuensi atas hal yang terjadi dalam proses tumbuh kembangnya. Jenis “lemak jahat” ini akan mempengaruhi perkembangan otak mereka dan menahan kemampuan mereka untuk belajar dan melangkah lebih jauh.

Contohnya, Moms yang perlu membantu si Kecil dalam menerapkan aturan tidur lebih awal untuk mengembangkan kebiasaan tidur sendiri. Moms dapat memanfaatkan SOOTHE N GLOW SEAHORSE WB, karena cahayanya yang lembut serta suaranya yang menenangkan. White noise dalam suara tersebut dapat membantu si Kecil tertidur dalam lingkungan yang menyenangkan. Kebiasaan tidur dapat menjadi awal yang baik dalam membangun rutinitas Si Kecil.

(Can change to Soothing Otter)
 
Selain memberikan nutrisi yang cukup untuk si Kecil, penting juga untuk Moms memberikan 4 “zat” untuk perkembangan intelektual mereka yaitu cinta, stimulasi sensorik, suplemen pengalaman, dan kebiasaan sehari-hari. Jika Moms ingin si Kecil hidup dengan bahagia dan penuh akan kasih sayang, pastika Moms mengingat 4 bahan resep untuk perkembangan intelektual si Kecil ya!

Tulisan yang kami lampirkan di atas hanyalah sebagai saran. Kami merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda, untuk informasi yang lebih lanjut.

 

©2018 Mattel All Rights Reserved