Rayakan Tiap Langkahnya

Dari Bajak Laut ke Pemecah Masalah: Bagaimana Bermain Imajinasi Membentuk Masa Depan Si Kecil

Rachel Wachowski
Child Development Researcher
Childhood Education, B.S.
 
 
Tidak punya waktu untuk membaca? Jangan khawatir. Ini dia tips versi singkat yang dapat Moms terapkan agar ide-ide imajinatif si Kecil muncul!
  1. Tahu tidak kalau ternyata mainan atau benda rumah tangga juga bisa digunakan dengan cara yang seru dan tak terduga, bahkan bisa dipakai secara berbeda dari fungsinya. Hal ini bertujuan agar imajinasi si Kecil terus terasah!
  2. Lakukan juga bermain peran di kehidupan sehari-hari dan Moms dapat melihat bagaimana kreativitas si Kecil bisa mengubah pengalaman yang biasa jadi kenangan luar biasa.
  3. Lupakan sejenak jadwal playdates (acara bermain bersama) dan coba ajak si Kecil jalan santai di sekitar perumahan bersama dengan anak-anak tetangga. Coba Moms perhatikan, imajinasi mereka akan keluar begitu anak-anak dari berbagai umur tersebut bersatu untuk bermain bersama.
Hai! Aku seorang Peneliti Pengembangan Anak di Fisher-Price Play Lab, dan setelah bertahun-tahun bekerja sama dengan anak-anak, aku sangat senang ketika menjadi Ibu baru bagi anak perempuanku yang berusia 6 bulan!
 
Aku mendedikasikan karirku untuk memahami cara si Kecil bermain & bagaimana mainan dapat membentuk proses tumbuh kembangnya. Melalui banyaknya pengalaman yang secara langsung aku rasakan, aku melihat manfaat yang menarik dari bermain berimajinasi. Mari kita bahas mengapa imajinasi sangat bagus untuk perkembangan si Kecil, dan bagaimana caranya melakukan hal tersebut dengan cara yang seru (tapi tetap praktis).
 
Mengapa berimajinasi itu penting!
Berimajinasi dan bermain bukan hanya untuk kesenangan, tapi juga menjadi sebuah cara dalam membuka pintu ke dunia pembelajaran dan pengenalan diri. Bermain berimajinasi itu kunci untuk membuka pintu-pintu perkembangan yang penting bagi si Kecil saat masuk ke taman kanak-kanak. Melalui membuat cerita sendiri (yang merupakan keterampilan literasi awal), di sinilah konflik sering muncul, mendorong mereka berlatih keterampilan pemecahan masalah dan cara berpikir mandiri. Mungkin ada dari mereka yang mencoba menggulingkan markas pahlawan atau ada dinosaurus liar yang berkeliaran! Skenario seperti ini bisa jadi kesempatan yang seru lho Moms untuk mengembangkan kreativitas & cara berpikir kritis mereka. Hal-hal tersebut merupakan beberapa keterampilan paling penting yang nantinya akan mereka butuhkan dalam hidup!
 
Tips Dasar
Sekarang kita punya punya pemahaman tentang seberapa penting bermain berimajinasi, kali ini aku ingin berbagi beberapa tips tahapan dasar yang dapat membantu Moms mengasah imajinasi sang buah hati!
 
  1. Buka ruang kreativitas: Tawarkan mainan yang merangsang kreativitas dan imajinasi mereka, Moms juga bisa mengurangi instruksi atau aturan-aturan yang terlalu kaku ya. Hindari mainan yang memiliki aturan atau petunjuk khusus, dan sebagai gantinya biarkan si Kecil yang menentukan. Padu padankan action figures dan kendaraan dengan sesuatu seperti kertas konstruksi atau selotip.

  2. Imajinasi bertemu dunia nyata: Mengajak bermain imajinatif atau bermain peran ke dalam sesuatu seperti kunjungan ke dokter adalah cara yang sempurna untuk menjalin hubungan dengan si Kecil dan tentunya dapat menyalakan semangat kreatif mereka. Moms bisa menggunakan jubah khayalannya dan berpura-puralah menjadi pahlawan favorit mereka yang terbang ke puncak gedung saat Moms memasuki lift. Hal ini juga dapat membuat pengalaman yang biasanya menegangkan menjadi lebih menyenangkan bagi semua orang.

  3. Aksesoris & Properti: Moms bisa memberikan si Kecil akses yang mudah ke tempat pakaian untuk berdandan; terutama benda-benda yang bisa menjadi aksesori yang sangat menyenangkan untuk kostum apa pun! Semakin terlihat konyol dan memalukan, semakin baik.

    Fisher-Price Sit-to-Stand Storybook
Tips Menarik
Apakah Moms siap untuk beberapa tips tambahan agar imajinasi si Kecil semakin berkembang? Aku telah mengumpulkan beberapa tips yang menarik selama bertahun-tahun, dan aku siap membagikan beberapa cara tak terduga untuk bermain!
  1. Tidak ada cara bermain yang salah: Pada usia ini, imajinasi si Kecil menjadi tak terbatas, dan "aturan bermain" mereka bisa berubah sewaktu-waktu. Sebatang balok bisa menjadi tongkat sihir atau bahkan ular hanya dalam satu sesi bermain! Dorong terus anak untuk berpikir kreatif dengan menyarankan ide-ide yang berbeda.

  2. Katakan ya untuk screen-time! Meskipun screen-time yang berlebihan tidaklah bagus, tetapi menonton acara favorit, baik yang baru maupun yang lama, bisa memicu ide dan menginspirasi waktu bermain dengan cara yang berbeda. Aku melihat ini secara langsung berkali-kali di Fisher-Price Play Lab kami, ketika anak-anak usia dini bermain dengan mainan mereka, mereka sering meniru adegan yang sudah dikenal dan menggabungkan ide-ide baru, menggunakan alur cerita sebagai titik awal untuk cerita kreatif mereka sendiri.

  3. Bepergian dengan anak-anak tetangga! Anak-anak dari segala usia secara alami ingin terlibat dalam bermain berimajinasi bersama, dan jalan-jalan di alam adalah kesempatan sempurna bagi petualangan berimajinasi yang tak terduga. Mereka akan membuat cerita, meningkatkan komunikasi, menavigasi pengalaman bermain bersama, dan membangun rasa kerja sama.
Tahapan
Nah, ini dia sekilas tentang bagaimana bermain berimajinasi bisa berguna untuk si Kecil di taman kanak-kanak, ingat ya, setiap anak punya waktunya masing-masing.

3-5 tahun: Menunjukkan emosi selama pretend play.

4-5 tahun: Terlibat dalam permainan pura-pura yang terencana, dengan memiliki sebuah cerita di kepala, mengumpulkan property, mainan, atau perlengkapan lainnya untuk memerankan keseluruhan ide.
4-5 tahun: Mulai menambahkan lebih banyak detail imajinatif pada permainan mereka. 

4-5 tahun: Menunjukkan keinginan terhadap mainan yang meniru hal-hal dari dunia nyata. 

4-6 tahun: Dapat berpindah-pindah peran dalam bermain peran untuk mengatur peran bagi teman-teman bermainnya dengan menggunakan properti, aksesoris, atau mainan lainnya (misalnya, Moms menjadi naga dan saya menjadi penyihir).
 
Tugas Orang Tua
 
Jangan ragu untuk ikut petualangan fantastis si Kecil, dan biarkan imajinasi Moms juga ikut bermain! Bersama-sama, Moms bisa membuka pintu ke berbagai imajinasi mereka yang tak terbatas, membantu membimbing & membentuk mereka jadi individu yang percaya diri, empati, & tangguh yang kita ingin kirimkan ke dunia! Yuk, sambut keseruan dalam petualangan luar biasa Bersama si Kecil (meskipun hanya di ruang keluarga!) 😉