Rayakan Tiap Langkahnya

Yuk, Pelajari Tips Perkembangan Motorik Halus si Kecil!

Bayi pada usia 3 bulan seringkali ingin meraih dan menggenggam apapun yang terlihat. Ini bukan berarti nakal ya Moms, melainkan tanda bahwa gerakan tangannya berkembang.

Ketangkasan gerakan tangan akan mempengaruhi kemampuan motorik halus bayi. Oleh karena itu, langkah apakah yang Moms dapat lakukan untuk merangsang perkembangan koordinasi tangan dan mata Si Kecil?

Meraih objek dengan tangan menunjukkan perkembangan keterampilan motorik halus

Si Kecil meraih dan menggenggam objek yang berada di depan matanya adalah pertanda dimulainya perkembangan gerakan tangan.

Bayi dapat melakukan gerakan tangan secara langsung dengan penglihatan. Sentuhan dan gerakan bola mata adalah salah satu jenis perkembangan fisik di bawah keterampilan motorik halus. Keterampilan tidak hanya mengacu pada otot-otot tangan yang lebih kecil tetapi juga melibatkan penglihatan. Bayi pada tahap ini sedikit demi sedikit dapat membedakan warna dan memiliki respons yang lebih sensitif terhadap warna primer. Mereka akan cenderung meraih objek yang terlihat terang. Hal itu merupakan indikator dari perkembangan keterampilan motorik halus.

Fleksibilitas dalam gerakan tangan dan mata

Dengan melihat sesuatu yang menarik perhatiannya, otak Si Kecil menerima sinyal dalam penglihatan dan membagi pesan tersebut untuk meraih dan menyentuh objek tersebut dengan tangan. Ini adalah hasil dari koordinasi antara mata dan tangan, juga sebagai gerakan lanjutan dari keterampilan motorik halus.

Moms sebaiknya tidak membiarkan Si Kecil hanya melihat objek tersebut, tapi juga membimbing mereka untuk meraihnya. Melihat objek tanpa adanya gerakan tidak dapat membantu Si Kecil merasakan bagaimana mengkoordinasikan tangan dengan penglihatannya. Dengan meningkatkan kelenturan dan akurasi gerakan tangan, Si Kecil dapat melihat dan menyentuh secara bersamaan untuk koordinasi tangan dan mata yang lebih baik.

Dorong Si Kecil untuk lebih banyak meraih guna mengembangkan koordinasi tangan-mata dan mendorong perkembangan keterampilan motorik halusnya

Jika Si Kecil meraih mainan, itu pertanda bahwa penglihatan mereka telah mencapai tahapan di mana mereka memiliki fleksibilitas yang lebih baik dalam gerakan tangan. Moms harus menggunakan mainan berwarna cerah untuk menarik perhatian bayi Anda. Ini dapat mendorongnya untuk lebih banyak meraih dan memiliki koordinasi tangan-mata yang lebih baik.

1. Latihan Lengan yang Menyenangkan: sentuhan membuat tangan lebih fleksibel dan siap untuk berlatih

Sentuhan dapat menstimulasi perkembangan otot lengan yang dibutuhkan oleh bayi untuk meraih sesuatu.
Selama beberapa bulan pertama Si Kecil, latihan sentuhan sederhana dapat meningkatkan sirkulasi darah ke lengan. Fleksibilitas gerakan juga meningkat, karena latihan ini juga dapat meningkatkan perkembangan tulang dan otot yang sehat. Waktu yang paling tepat untuk melakukan latihan ini adalah saat Si Kecil merasa rileks.

Pertama-tama, Moms bisa mulai meregangkan lengannya dengan memegang pergelangan tangannya dengan ringan, menekuk sendi siku hingga pergelangan tangannya menyentuh bahu, dan membalikkan tubuh kembali ke posisi semula. Kemudian bergantian untuk sisi kiri dan kanan. Moms juga bisa coba meregangkan anggota tubuh bagian atas dengan gerakan memutar sebagai pemanasan bagi Si Kecil untuk latihan berikutnya.

2. Mainan kerincingan di kursi goyang: belajar meraih sambil duduk serta melatih kekuatan lengan

Setelah melakukan peregangan pada langkah sebelumnya, sekarang saatnya Si Kecil untuk mencoba meraih! Posisikan Si Kecil untuk duduk sehingga bidang penglihatannya lebih luas. Semakin banyak Si Kecil melihat, maka akan semakin penasaran dan bersemangat. Hal ini merangsang Si Kecil untuk banyak mengulurkan tangannya.

Saat ini, otot Si Kecil pada beberapa bagian tubuh lainnya belum berkembang sempurna. Sehingga lebih aman untuk membaringkannya di NB TO TOD ROCKER untuk bermain dengan mainan kerincingan. Tidak akan sulit bagi Si Kecil untuk meraih dan menggenggam mainan hewan lucu ini! Pasti Si Kecil senang dapat menyentuh dan mengguncang mainan yang ada. Hal ini dapat meningkatkan rasa kepuasan akan pencapaian pada Si Kecil, sekaligus meningkatkan koordinasi tangan-matanya.

3. “Kena Deh!”: Berlatih meraih dalam posisi tengkurap dan meningkatkan kekuatan lengan

Untuk lebih memperluas jangkauan penglihatan Si Kecil, Moms dapat membiarkannya bermain di lantai. Namun akan menjadi sangat baik jika Moms dapat memfasilitasi pertumbuhan otot lengannya selama tahapan penting ini.
Meskipun Si Kecil tidak dapat memegang benda yang diinginkannya dengan akurat, ia akan mengepakkan mainan tersebut berulang kali. Saat berada dalam posisi tengkurap, mereka cenderung menatap mainan yang diinginkan dan berusaha meraihnya. Selama proses tersebut, koordinasi tangan-mata mereka akan meningkat. Oleh karena itu, Moms dapat membiarkan Si Kecil tengkurap di atas PIANO DISCOVER 'N GROW KICK & PLAY yang telah ditidurkan serta memiliki bantalan empuk untuk bermain dengan mainan hewan yang ada.



Ketika bermain dengan Si Kecil, Moms harus memperhatikan jarak antara Si Kecil dan mainannya. Jaraknya tidak boleh terlalu jauh sehingga Si Kecil mampu melihatnya. Hal ini dapat memotivasi Si Kecil untuk meraih mainan berulang kali dan meningkatkan kekuatan koordinasi tangan-mata, yang secara bertahap akan merangsang perkembangan keterampilan motorik halus yang lebih baik.

Referensi:
1. 徐景蓁,《实用育儿百科0~3岁》,中国轻工业出版社,2016,P74。
2. 杨霞,《陪宝宝玩到入园—0~3岁亲子早教游戏指导手册》,中国人口出版社,2018,P21。

Tulisan yang kami lampirkan di atas hanyalah sebagai saran. Kami merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda, untuk informasi yang lebih lanjut.

 

©2018 Mattel All Rights Reserved