Rayakan Tiap Langkahnya

Pentingnya Bermain Untuk Orientasi Sumber Suara Bayi!

Ketika Moms sedang bermain dengan si Kecil dalam gendongan dan telepon di samping mereka berdering, secara mengejutkan si Kecil akan menoleh untuk melihat ke arah telepon. Menggunakan mata mereka untuk mencari sumber suara merupakan pertanda meningkatnya kemampuan pendengaran mereka. Mengapa bayi bisa bertingkah seperti ini? Bagaimana Moms dapat membantu mengembangkan kemampuan si Kecil dalam aspek ini?

Mengapa si Kecil dapat menoleh dan menemukan sumber suara dengan mata mereka saat ini?
 
Bayi dapat menyadari suara yang berada di sekitarnya dan menoleh untuk mencari sumber suara setelah berusia 3 bulan. Hal ini dikarenakan kemampuan mengontrol kepala dan leher yang meningkat serta adanya perkembangan penglihatan mereka yang memungkinkan mereka untuk mengikuti objek dalam jarak 30 cm. Oleh karena itu, ketika si Kecil mendengar suara mereka akan menoleh mencari sumber suara dengan matanya. Gerakan ini merupakan bentuk koordinasi dari kemampuan bayi untuk melihat, mendengar, serta mengontrol kepala dan leher.

Mengembangkan kemampuan si Kecil untuk menemukan sumber suara, dapat melatih sistem pendengaran dan perkembangan fisiknya
 
Bayi secara aktif menggunakan mata mereka untuk mencari sumber suara pada tahap ini, yang merupakan hasil koordinasi antara indera penglihatan dan pendengarannya. Dengan kemampuan ini, latihan secara berulang dapat memfasilitasi lebih jauh lagi perkembangan sistem pendengaran si Kecil.
Selain itu, si Kecil dapat mengontrol otot kepala dan leher dengan lebih baik melalui latihan menemukan sumber suara. Hal ini memungkinkan si Kecil untuk melakukan gerakan mengangkat kepala, tengkurap, dan membalikkan badan sehingga memperlancar perkembangan fisik motorik kasar.

3 Jenis permainan seru untuk mengembangkan kemampuan si Kecil dalam menemukan sumber suara
 
Memainkan permainan atau menggunakan properti akan memungkinkan bayi untuk berpartisipasi lebih aktif, yang merupakan cara efektif untuk membantu bayi dalam mencapai kemampuan barunya. Bermainlah dengan si Kecil untuk mengembangkan kemampuan menemukan sumber suara dan memfasilitasi perkembangan sistem pendengarannya.

1. Permainan tepuk tangan untuk melatih otot kepala dan leher si Kecil, membangun pondasi untuk latihan menemukan sumber suara
 
Ketika si Kecil berbaring tengkurap di tempat tidur, Moms bisa duduk di sampingnya dan membiarkan si Kecil melihat wajah Moms yang sedang tersenyum. Sementara itu, tepuk tangan Moms di depannya dan bicaralah untuk menarik perhatian si Kecil. Kemudian berpindah ke sisi lain pada waktu yang tepat untuk memandu si Kecil menoleh dengan pandangan mengikuti arah tepukan tangan Moms. Perhatikan bahwa si Kecil hanya dapat mengikuti dalam jarak 30 cm pada tahap ini. Jadi Moms perlu bergerak dan bertepuk tangan dalam jarak yang lebih dekat dengan si Kecil.

Melakukan permainan tepuk tangan ini secara berulang akan memungkinkan si Kecil melatih otot kepala mereka selama proses mencari tepukan tangan dan membangun pondasi fisik untuk melatih kemampuan menemukan sumber suara.
 
2. Gunakan suara dan lampu secara bersamaan akan membantu si Kecil untuk mengelola kemampuan menemukan sumber suara
 
Setelah si Kecil mampu memutar kepalanya secara bebas, Moms dapat membantu melatihnya menemukan suara dengan penglihatannya menggunakan mainan yang dapat menghasilkan suara dan cahaya pada saat yang bersamaan. Adanya suara serta cahaya dapat menarik perhatian si Kecil, sehingga mampu membantunya melatih kemampuan menemukan sumber suara.

Mainan yang digunakan sebaiknya yang familiar bagi si Kecil. Suaranya lembut serta cahayanya tidak terlalu menyilaukan. Moms dapat menggunakan mainan favorit si Kecil yang mengeluarkan suara dan lampu. SOOTHE N GLOW SEAHORSE WB memiliki tombol pada perutnya yang dapat Moms tekan untuk mengeluarkan cahaya yang lembut serta music pengantar tidur si Kecil secara bersamaan. Moms dapat menempatkan kuda laut ini lebih jauh dari si Kecil atau memindahkannya ke kiri dan kanan untuk mendorong si Kecil mencarinya. Stimulasi suara dan cahaya akan membantunya dalam mengelola kemampuan menemukan sumber suara dengan lebih baik dan meningkatkan perkembangan kemampuan pendengaran mereka.



3. Permainan lanjutan, perkuat kemampuan si Kecil menemukan sumber suara
 
Kemampuan koordinasi penglihatan dan pendengaran dapat diperkuat melalui lebih banyak latihan menemukan sumber suara dan selanjutnya memfasilitasi pengembangan sistem pendengaran si Kecil.

Moms dapat meningkatkan permainan dengan menggunakan kombinasi dari beberapa mainan untuk menghasilkan suara secara terus menerus untuk memancing rasa ingin tahu si Kecil dan membiarkan mereka mencari sumber suara tersebut secara aktif. Saat si Kecil berbaring di KICK & PLAY PIANO GYM, Moms dapat menggoyangkan mainan yang digantung untuk menarik perhatian si Kecil agar melihatnya. Kemudian Moms dapat menggunakan mainan yang dapat dilepas untuk diayunkan dan dipindahkan ke berbagai arah di sekitar kepala si Kecil dan memandu mereka untuk mencari lokasi mainan tersebut. Hal ini dapat memperkuat kemampuannya dalam menemukan sumber suara, yang selanjutnya dapat meningkatkan perkembangan sistem pendengaran si Kecil.



Namun, harap diingat oleh Moms untuk tidak memindahkan mainan terlalu cepat atau dalam jarak yang terlalu jauh. Jika si Kecil tidak dapat melihat atau memperhatikan mainan tersebut, mereka menganggap bahwa mainan tersebut tidak ada dan kehilangan ketertarikan untuk bermain.

Bayi mampu menemukan sumber suara dengan matanya merupakan pencapaian penting dalam perkembangan pendengarannya. Moms perlu terus membantu melatih kemampuan si Kecil dan memfasilitasi si Kecil untuk mencapai perkembangan sistem pendengarannya yang lebih sehat.

Tulisan yang kami lampirkan di atas hanyalah sebagai saran. Kami merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda, untuk informasi yang lebih lanjut.
 
©2018 Mattel All Rights Reserved