Rayakan Tiap Langkahnya

Memahami Manfaat Sensory play untuk Perkembangan si Kecil



Di dua tahun pertama usianya, anak mengalami perkembangan yang sangat cepat sehingga membutuhkan stimulasi yang tepat, salah satunya dengan memberikan sensory play. Yuk, kenalan lebih jauh dengan sensory play dan apa saja manfaat sensory play untuk bantu perkembangan si Kecil jadi makin optimal sejak usia dini.

Perkembangan otak yang sedang pesat-pesatnya merupakan momen yang tepat bagi Bunda untuk memberikan stimulasi yang tepat agar tumbuh kembang anak optimal. Salah satu stimulasi yang bisa Bunda berikan adalah dengan sensory play, yaitu permainan yang dapat merangsang perkembangan sensorik si Kecil. Mengapa kemampuan sensorik penting untuk didukung dan distimulasi? Ini karena si Kecil belajar dan mendapatkan informasi dengan mengeksplorasi dunia di sekitarnya. Lewat kelima panca indera yang mereka miliki, Si Kecil akan memproses apa yang mereka alami saat mengeksplorasi lingkungannya.



Sensory play sendiri merupakan pendekatan bermain yang memang dirancang untuk merangsang semua panca indera si Kecil. Lewat sensory play, anak-anak bisa mengasah kemampuan indera mereka sehingga mereka dapat memahami serta belajar tentang dunia dan lingkungan sekitarnya dengan menyenangkan. Berikut ini beberapa manfaat memperkenalkan sensory play kepada si Kecil sejak dini untuk tumbuh kembangnya.

1. Mengasah Motorik Kasar dan Halus
Saat bermain sensory play si Kecil akan menggerakan bagian tubuh mereka yang melibatkan otot besar seperti menggunakan kaki dan tangan untuk meraih sesuatu. Gerakan ini akan mengasah keterampilan motorik kasar anak. Selain itu, saat bermain sensory play anak juga akan menggunakan koordinasi mata dan tangannya, seperti saat menggenggam mainan atau memasukkan barang ke dalam suatu wadah. Kegiatan ini akan mengasah motorik halus si Kecil.

2. Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif
si Kecil akan belajar banyak hal saat bermain sensory play. Beberapa manfaat sensory play untuk perkembangan kognitifnya antara lain mengasah kemampuan anak untuk berpikir, melatihnya jadi lebih kreatif, hingga memperkenalkan konsep dasar seperti panas dingin, besar kecil, warna, bentuk, tekstur, dan bau. Informasi-informasi ini akan disimpan oleh otak si Kecil dan dipakai untuk kemudian hari.




3. Memperkenalkan Kemampuan Bahasa
Ketika Bunda mendampingi si Kecil bermain sensory play, Bunda tentu akan mengajaknya berbicara, misalnya saat memperkenalkan mainan kepada si Kecil atau mengajak si Kecil mengobrol tentang permainan yang ia lakukan. Lewat ucapan dan obrolan yang Bunda lakukan selama bermain, anak jadi belajar kosakata baru dan merekamnya dalam ingatan. Ia pun bisa belajar cara berkomunikasi dengan Bunda atau teman bermainnya saat bermain sensory play sehingga kemampuan bahasanya pun jadi lebih baik.

4. Mengasah Kemampuan Anak Memecahkan Masalah
Manfaat sensory play lainnya adalah mengasah kemampuan anak dalam mencari solusi atau memecahkan masalah. Misalnya ketika harus memasukkan benda dengan bentuk tertentu ke dalam wadah, ia jadi belajar bahwa benda berbentuk lingkaran bisa masuk ke dalam lubang berbentuk lingkaran, atau benda berbentuk kotak bisa melewati lubang yang berbentuk kotak juga. Saat mendampingi anak bermain, biarkan ia mencoba sendiri atau melakukan sesuatu berulang-ulang sesuka hatinya sehingga si Kecil terlatih berpikir kritis dan mencari solusi saat menghadapi suatu masalah.



5. Membantu Anak Fokus dan Mengontrol Emosi
Ketika asyik bermain, biasanya si Kecil akan jadi lebih fokus pada hal yang ia lakukan. Bermain sensory play juga dapat menyalurkan rasa bosan si Kecil sehingga ia tidak mudah rewel. Jika si Kecil sedang kesal atau tantrum, Bunda juga bisa mengajaknya bermain sensory play sehingga emosinya teralihkan dengan kegiatan bermanfaat dan anak jadi lebih tenang.

Saat ini, sudah banyak pilihan sensory play yang bisa Bunda berikan untuk si Kecil. Namun hal penting yang perlu diingat, mainan sensory play untuk si Kecil sebaiknya disesuaikan dengan tahapan usia. Sehingga anak-anak aman saat bermain dan mendapatkan manfaat optimal untuk tumbuh kembangnya.

Untuk mendapatkan manfaat sensory play, Bunda bisa dukung perkembangan sensorik si Kecil di rumah dengan menghadirkan mainan dari Fisher-Price. Mainan unggulan dari Fisher-Price mendukung Bunda untuk merayakan, melatih, serta memberi semangat pada si Kecil saat menjalani tahapan penting di kehidupannya. Ajak si Kecil melakukan sensory play dengan mainan edukatif dari Fisher-Price seperti Tissue Fun Activity Cube untuk si Kecil usia 3 bulan ke atas.



Dengan Fisher-Price Tissue Fun Activity Cube si Kecil bisa mengeluarkan “tisu” kain berulang kali atau menggunakan panel sensorik yang berisi aktivitas menyenangkan. Permainan menyenangkan ini bisa dilakukan Si Kecil sambil duduk atau pun tengkurap. Untuk si Kecil berusia 6 bulan ke atas, Fisher-Price Rock A Stack bisa jadi pilihan sensory play yang menyenangkan. Mainan klasik satu ini membantu si Kecil mengembangkan panca indera, kreativitas, rasa ingin tahu, dan berpikir.



Untuk si Kecil yang sudah lebih besar dan berusia 9 bulan ke atas, Fisher-Price Press N Go Activity Snail bisa jadi teman bermain yang seru. Dilengkapi dengan lebih dari 10 aktivitas menarik yang bisa dimainkan si Kecil, Fisher-Price Press N Go Activity Snail bantu mengembangkan keterampilan motorik halus serta mendorong si Kecil untuk belajar merangkak mengikuti mainan siput yang bisa berjalan sendiri ketika ditekan. Bunda bisa mendapatkan berbagai produk mainan Fisher-Price untuk dukung sensory play si Kecil dengan mengunjungi Flagship Store Fisher-Price di platform e-commerce.



Mengembangkan indera anak sejak dini sangatlah penting. Menurut Lisa Lohiser, Manager Riset Perkembangan Anak Usia Dini di Fisher-Price Play Lab, "Bayi belajar dan mengalami segala sesuatu melalui indera mereka. Jadi sangat penting (untuk orang tua) membantu mengembangkan indera si Kecil." Lewat bantuan Sensory play, anak mendapatkan stimulasi yang dapat mengasah indera mereka sehingga si Kecil dapat mengeksplor dunia di sekitar mereka sekaligus mengembangkan berbagai keterampilan sejak dini. Yuk, ajak si Kecil mencoba berbagai sensory play dan dapatkan manfaatnya untuk pertumbuhan mereka.