Rayakan Tiap Langkahnya

Cara Cepat Meningkatkan Motorik Kasar si Kecil!

Si Kecil senang sekali bermain di pangkuan Moms ya! Terkadang, mereka akan melompat dengan penuh semangat saat Moms mulai mengangkat mereka. Moms mungkin terkejut saat mengetahui bahwa bayi di bawah 4 bulan memiliki kaki yang kuat! Padahal, ini merupakan pertanda bahwa mereka mulai mengembangkan kemampuan motorik kasarnya.

Jadi, apakah keterampilan motorik kasar itu? Dan langkah apa ya yang Moms dapat lakukan untuk membantu si Kecil berlatih menguatkan otot-ototnya?

Tungkai bawah bayi bertambah kuat, tanda perkembangan keterampilan motorik kasar
 
Perkembangan otot bayi sejak lahir berlangsung secara bertahap dan teratur, dimulai dari bagian atas hingga bawah. Otot besar berkembang lebih awal daripada otot kecil yang berada di seluruh bagian tubuh. Keterampilan motorik kasar adalah kemampuan yang diperlukan untuk mengontrol kelompok otot besar, seperti kepala, tungkai atas, dan tungkai bawah, untuk melakukan gerakan.

Kemampuan bayi untuk menekuk dan meregangkan kaki dengan bebas, serta melompat di tempat saat dipegang mengindikasikan menunjukkan bahwa otot besar di kaki mereka mulai berkembang, dan hal itu memungkinkan mereka untuk melakukan gerakan sejak usia dini.
 
Latihan tungkai meningkatkan kekuatan kaki yang akan membantu bayi berguling
 
Bayi di atas usia 3 bulan akan segera mulai belajar berguling, yang mana berkaitan erat dengan kelenturan dan keseimbangan tungkai bawahnya. Berguling adalah aktivitas motorik kasar, yang meliputi berguling dari terlentang ke tengkurap, atau sebaliknya. Pada awalnya, mereka mungkin menggunakan kaki mereka untuk membantu mereka berguling dari posisi terlentang ke tengkurap karena mereka tidak memiliki cukup kekuatan di punggung bawah dan perut.

Ketika bayi diangkat seperti seolah-olah berdiri, mereka akan melompat di tempat. Ini dapat membantu mereka dalam memperkuat otot inti dan kaki. Perubahan kecil dalam keseimbangan dapat membuat bayi berguling. Mereka harus mengkoordinasikan gerakan tubuh bagian atas dan bawahnya untuk menjaga keseimbangan agar bisa berguling. Selain itu, perkembangan kekuatan kaki mereka berkaitan erat dengan pembelajaran merangkak, berdiri, dan berjalan nantinya.
 
Latihan penguatan kaki dapat membantu perkembangan tubuh bagian bawah bayi dan berguling
 
Sekarang Moms tahu bahwa si Kecil sudah mulai mengembangkan keterampilan motorik kasar pada kakinya. Selanjutnya si Kecil masih perlu untuk melakukan latihan penguatan kaki yang tepat untuk meningkatkan keseimbangan tungkai bawah mereka untuk gerakan berguling yang lebih baik.
 
1. Gerakan lengan dan kaki berbaring terlentang
 
Ketika berbaring terlentang, bayi dapat merasakan bagaimana menggunakan otot kaki untuk menjaga keseimbangan di tungkai bawah sambal meregangkan lengan dan kakinya dengan bebas. Moms juga bisa menggunakan mainan untuk mendorong si Kecil meregangkan lengan untuk menepuk atau menendang, yang dapat membantu mereka membangun otot kaki serta meningkatkan kelenturan. Secara bertahap, mereka akan belajar mengendalikan kaki mereka saat bergerak.

Saat berbaring di Fisher-Price’s Kick & Play Piano Gym, awalnya Moms dapat membantu menekan kaki si Kecil untuk menginjak tuts piano, lalu dorong mereka untuk terus menendangnya sendiri. Latihan semacam itu dapat memperkuat otot kaki mereka dan membuat mereka merasakan bagaimana mengontrol otot dapat menjaga keseimbangan. 

 
2. Latih kaki dan bantu si Kecil berguling
 
Moms dapat dengan lembut menggenggam dan menggerakan kaki si Kecil ke sisi lain untuk membantunya berlatih berguling. Ini tidak hanya akan mengajari si Kecil cara menggerakan kaki dengan lebih fleksibel, tetapi juga melatih otot punggung bawah mereka.

Moms akan membutuhkan lebih banyak ruang untuk melakukan latihan ini. Akan lebih sempurna jika Moms dan si Kecil berlatih di atas Fisher-Price’s Little People + 123 Pattern-L. Pertama, pegang pergelangan kaki si Kecil dengan kedua tangan, silangkan kaki kanan diatas kaki kiri hingga menyentuh matras, kemudian pandu si Kecil untuk berguling dengan kaki. Setelah itu, kembali ke posisi terlentang dan lakukan latihan dengan kaki kanannya. Dengan mengulangi latihan ini beberapa kali, otot kaki mereka bisa menjadi lebih kuat. Hal ini akan meningkatkan fleksibilitas mereka dan mengembangkan keseimbangan untuk berguling.

 
3. Pijat relaksasi meningkatkan perkembangan otot
 
Setelah berlatih, Moms bisa memijat si Kecil. Ini tidak hanya akan merilekskan kaki mereka, tetapi juga mendorong perkembangan tulang dan otot. 

Letakan si Kecil dalam posisi berbaring di atas matras, pegang pergelangan kakinya dengan kedua tangan, dan tekuk kakinya hingga ke perut. Kemudian, ulangi hal yang sama untuk setiap kakinya beberapa kali. Hal ini mampu merangsang perkembangan tulang dan membantu meningkatkan keseimbangan tungkai bawah si Kecil.
Harap diingat ya Moms bahwa waktu latihan untuk si Kecil cukup 20 menit saja dalam sehari dan tidak boleh lebih. Selain itu, ingatlah untuk selalu mengawasi si Kecil untuk memastikan mereka tidak cedera saat berlatih.

Bayi usia 3 bulan sudah bisa meregangkan kaki dan melompat di tempat. Moms dapat membantu mereka meningkatkan keseimbangan tungkai bawah dan keterampilan motorik kasar dengan melakukan lebih banyak latihan penguatan tungkai, yang akan membantunya mempersiapkan tahap perkembangan selanjutnya.

Reference :
  1. Gao Zhenmin, "The Development of the Left Brain and Right Brain of Smart Babies Aged 0~1", Chongqing Publishing House, 2014, P49-P50.
  2. 2. Xu Jingzhen, "Practical Parenting Encyclopedia 0~3 Years Old", China Light Industry Press, 2016, P47.
Tulisan yang kami lampirkan di atas hanyalah sebagai saran. Kami merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda, untuk informasi yang lebih lanjut.

 

©2018 Mattel All Rights Reserved