Rayakan Tiap Langkahnya

Belajar Sambil Bermain, Ini 5 Ide Mainan Edukatif untuk Balita



Bermain memang waktu yang menyenangkan untuk anak, bahkan bisa dibilang bahwa dunia anak adalah bermain. Namun selain waktu bermain yang menyenangkan, sebenarnya bermain punya banyak manfaat positif untuk perkembangan si Kecil. Apalagi di usia balita tumbuh kembang anak berlangsung dengan pesat sehingga Bunda perlu mendukungnya lewat stimulasi yang tepat, salah satunya adalah lewat kegiatan bermain. 
 
Agar si Kecil bisa mendapatkan manfaat untuk tumbuh kembangnya saat bermain, Bunda perlu memilih mainan yang bermanfaat seperti mainan edukasi. Saat ini sudah banyak tersedia mainan edukasi yang bisa Bunda pilih sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak. Berikut ini beberapa manfaat mainan edukasi untuk tumbuh kembang si Kecil.



1. Melatih Motorik Kasar dan Halus
Banyak mainan edukatif yang memang dirancang untuk dapat merangsang perkembangan motorik kasar dan halus anak. Misalnya saja, bermain balok bangunan akan membantu keterampilan anak dalam menggenggam dan mengangkat benda. Permainan edukasi dapat membantu si Kecil menggerakan tubuh serta mengontrol dan mengkoordinasikan gerakan bagian tubuh mereka.
Melatih Koordinasi dan Keseimbangan
Mainan edukasi yang bisa bergerak akan bantu melatih koordinasi atau pun keseimbangan si Kecil. Misalnya mainan edukasi yang perlu didorong untuk dimainkan akan membantu si Kecil menjaga keseimbangan mereka. Mainan edukasi yang disertai dengan musik juga bisa dimanfaatkan untuk melatih koordinasi dan keseimbangan karena si Kecil bisa menggerakkan tubuh mengikuti musik.
 
 
2. Melatih Kemampuan Bahasa Anak
Saat bermain dengan mainan edukasi, Bunda dapat menemani si Kecil untuk menjelaskan cara bermain atau bahkan bermain bersama. Momen ini dapat melatih kemampuan berbahasa si Kecil. Menurut Nicole Mackiewicz, Child Development Expert & Inclusive Educator, "Setiap percakapan adalah kesempatan bagi anak untuk belajar kata-kata baru, membangun hubungan baru, serta memahami norma sosial saat berbicara, seperti kapan saatnya mereka bicara dan kapan harus mendengarkan orang lain bicara.

 
3. Mengajarkan Anak Mengenal Huruf, Berhitung, Warna, dan Bentuk
Mainan edukasi umumnya disertai dengan berbagai fitur yang memperkenalkan si Kecil dengan konsep dasar seperti huruf, angka, warna, atau bentuk lewat cara yang menyenangkan. Misalnya menggunakan lagu yang bisa dengan mudah diikuti anak, lampu warna-warni, atau bentuk mainan yang beragam. Dengan bermain menggunakan mainan edukasi yang tepat,  si Kecil jadi lebih mudah memahami konsep dasar yang ia perlukan di masa depan nanti.
 
Dengan banyaknya manfaat mainan edukasi untuk tumbuh kembang si Kecil, memilih mainan edukasi sebaiknya tidak sembarangan. Bunda perlu memilih mainan edukasi yang tak sekedar disenangi si Kecil tapi juga aman dimainkan dan fungsinya sudah disesuaikan dengan tahapan usianya. Beberapa rekomendasi mainan edukasi berikut ini bisa Bunda pilih untuk dukung si Kecil bermain sambil belajar.
 
1. Balok Susun 
Menyusun balok tak hanya baik untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halus anak, tapi juga dapat melatih kreativitas dan imajinasi si Kecil. Saat menyusun balok-balok menjadi bentuk yang ada dalam kepala mereka, anak bisa bebas berkreasi sesuai keinginan. Tak hanya itu, bermain balok susun juga mengasah kemampuan anak untuk fokus serta melatih keterampilan memecahkan masalah. Bunda juga bisa memanfaatkan balok susun yang memiliki beragam warna dan bentuk untuk memperkenalkan si Kecil dengan konsep warna dan bentuk sejak dini.





 
2.Flash Card 
Flash card atau kartu gambar adalah  mainan edukasi sederhana yang dapat memperkenalkan si Kecil pada berbagai konsep dasar seperti angka, huruf, warna, atau nama-nama binatang. Bunda bisa memilih  flash card  yang berisi topik untuk diajarkan kepada si Kecil dan memainkannya dengan beberapa cara. Misalnya saat Bunda ingin memperkenalkan konsep warna, tunjukkan tiga kartu dengan tiga warna berbeda dan ajak si Kecil memilih warna favoritnya. Bunda juga bisa mengeluarkan beberapa kartu, memperlihatkan pada anak, kemudian menyembunyikan salah satu kartu dan mengajak si Kecil menebak apa warna kartu apa yang Bunda sembunyikan. 
 


3. Puzzle 
Saat bermain puzzle, si Kecil belajar untuk menggerakkan dan menempatkan potongan puzzle dengan tepat sehingga melatih koordinasi mata dan tangan yang baik. Selain itu, saat menyusun potongan puzzle agar sesuai dengan gambar yang ada akan mengasah kemampuan berpikir serta memecahkan masalah si Kecil. Memainkan puzzle juga dapat mengasah kemampuan fokus dan memori si Kecil karena anak harus mengingat bagaimana suatu potongan puzzle bisa cocok dengan potongan lainnya dan membentuk sebuah gambar.

 
4. Fisher-Price Press N Go Activity Snail 
Mainan edukasi dari Fisher-Price ini memiliki lebih dari 10 aktivitas menarik yang mampu mengembangkan kemampuan motorik halus si Kecil. Saat bagian atasnya ditekan, maka mainan siput akan berjalan sehingga si Kecil terdorong untuk merangkak mengikutinya. Ada 5 sisi aktivitas motorik halus yang bisa dijelajahi si Kecil saat ia bermain. Mulai dari lagu yang memperkenalkan warna, bentuk, dan alfabet, mengelompokkan bentuk sesuai tempat, hingga menggeser-geser tombol berbentuk awan yang menarik.

 
 
 
5. Fisher-Price Poppin’ Triceratops
Untuk si Kecil yang sudah mulai belajar berjalan, mainan edukasi Fisher-Price Poppin Triceratops akan mengajarkannya untuk menarik dan mendorong barang. Si Kecil juga bisa melihat "telur" berwarna-warni muncul dan berjatuhan di punggung dinosaurus. Dengan fitur Smart Stages, si Kecil bisa bermain sambil belajar alfabet, berhitung, serta mengenal warna, dan bentuk dengan Fisher-Price Poppin' Triceratops.



 
Fisher-Price juga menghadirkan berbagai pilihan mainan edukasi lainnya untuk temani waktu bermain dan belajar si Kecil jadi lebih menyenangkan. Dengan berbagai produk mainan edukasi unggulan yang sudah disesuaikan dengan tahapan usia si Kecil, mainan edukasi Fisher-Price bantu Bunda mendukung perkembangan si Kecil. Yuk, dampingi si Kecil melewati tahap-tahap penting dalam kehidupannya sambil bersenang-senang dengan mainan edukasi unggulan dari Fisher-Price. Bunda dapat menemukan mainan edukasi sesuai tahapan usia di Fisher-Price Flagship Store yang ada di platform e-commerce. 
 
Lewat mainan edukatif yang tepat, Bunda tak hanya memberikan kesempatan si Kecil untuk belajar sambil bermain dengan lebih menyenangkan tapi juga memberikan stimulasi yang baik untuk dukung tahapan perkembangan si Kecil. Dengan bermain menggunakan mainan edukasi, anak tak hanya bahagia tapi tumbuh kembangnya pun jadi makin optimal.