Rayakan Tiap Langkahnya

Bagaimana mengembangkan rasa ingin tahu pada bayi berumur 5 bulan?

Setelah lima setengah bulan, si Kecil mulai tertarik dengan perbedaan bentuk dan warna. 
 
Ketika si Kecil melihat objek yang memiliki warna maupun bentuk yang belum pernah mereka lihat sebelumnya, Moms pasti tidak akan bisa menghentikan mereka untuk terus menatapnya, meraihnya, atau memasukkannya ke dalam mulut. Lalu, apa yang harus Moms lakukan?

Bayi berumur 5 bulan tertarik dengan bentuk dan warna baru 
 
Setelah berumur 5 bulan, Moms biasanya mulai melihat bagaimana kesadaran visual si Kecil semakin berkembang. Pada tahap ini, mereka mulai dapat bereaksi terhadap perbedaan warna dan bentuk, tertarik pada objek-objek yang bergerak, dan permainan eksplorasi.
 
Hal ini menunjukkan tahapan baru pada perkembangan si Kecil -- tahapan di mana si Kecil mulai memberikan respon terhadap stimulasi eksternal dan mulai mencoba hal-hal baru. Hal tersebut kemudian dapat mendorong rasa ingin tahu si Kecil.
 
Mengenal bentuk dan warna baru ternyata bagus untuk perkembangan rasa ingin tahu si Kecil
 
Rasa ingin tahu merupakan istilah yang digunakan untuk mengindikasikan kecenderungan psikologi dalam mengenali, mengerti, dan mempertanyakan hal-hal di sekitar kita, yang dipicu oleh hal-hal baru. Hal ini berlaku pula untuk si Kecil, di mana bayi yang baru lahir juga mempunyai refleks untuk bereksplorasi. Jadi, saat bayi menemukan hal baru, mereka akan langsung menyentuh atau menjilatnya.
 
Namun, perasaan rasa ingin tahu bayi biasanya berubah-ubah dan tidak konsisten. Butuh waktu dan usaha untuk mengubah rasa ingin tahu tersebut, menjadi rasa ingin tahu yang diikuti oleh kemampuan kognisi dan pengendalian emosi yang baik. Perasaan ingin tahu yang sesungguhnya, merupakan suatu proses psikologis yang mendorong bayi untuk terus mencari stimulus. Hal tersebut kemudian memicu bayi untuk berpikir secara aktif, dan meningkatkan keinginannya untuk terus belajar dan bereskplorasi.
 
Mengenal bentuk dan warna baru merupakan salah satu pengalaman sensorik dan motorik yang dapat menimbulkan rasa keingintahuan pada bayi. Dengan dukungan dan arahan yang optimal, rasa keingintahuan tersebut akan membentuk sifat “selalu ingin belajar” pada bayi, sehingga meningkatkan perkembangan intelektualnya. 
 
Pertanyaan selanjutnya adalah: bagaimana caranya untuk mengarahkan dan mendukung si Kecil untuk melihat warna dan bentuk baru, sehingga rasa ingin tahunya dapat berkembang? Jawabannya sederhana: buat permainan seru di mana si Kecil bisa terus bersemangat untuk melihat hal-hal baru. Permainan sederhana seperti memindahkan benda, atau permainan lainnya yang berhubungan dan eksplorasi objek, akan menjadi permainan yang tepat untuk dukung perkembangan rasa ingin tahu si Kecil.
 
1. Kembangkan rasa ingin tahunya -- Melihat benda benda bergerak
 
Bayi, pada tahap ini, sangat tertarik dengan benda-benda yang bergerak. Hal ini sangat penting untuk perkembangan visualnya ke depan. Melihat dan mengobservasi benda-benda bergerak dapat membantu bayi untuk melatih kemampuan mengamati, fokus, menoleh, meraih benda, menggenggam benda, dan sebagainya. Moms dan Dads bisa juga menyiapkan mainan gantung yang bervariasi di atas ranjang si Kecil, untuk melatih rasa ingin tahunya terhadap warna dan bentuk yang ia sukai.
 
2. Latih rasa ingin tahunya -- Eksplorasi objek dengan bentuk dan tekstur yang berbeda
 
Permainan eksplorasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu perkembangan rasa ingin tahu bayi. Pada tahap ini, Moms tidak usah menghentikan rasa keingintahuan si Kecil dan jiwa explorasinya. Melainkan, Moms bisa menyiapkan mainan-mainan bayi untuk si Kecil mainkan, gigit, atau hal lainnya yang dapat membantunya mengeksplorasi objek dengan bentuk dan tekstur yang berbeda-beda. 
 
NEWBORN LEARNING FLASH CARD  merupakan salah satu mainan yang bisa Moms pilih untuk melatih rasa ingin tahunya. Mainan ini mencakup 20 kartu warna-warni dengan bermacam-macam kata, yang membuat si Kecil lebih bersemangat untuk mengeksplorasi dan mengenal kata-kata baru. Selain itu, mainan ini juga dilengkapi ember lucu dengan gagang di atasnya yang dapat digenggam oleh si Kecil, sehingga si Kecil pun bisa sekaligus melatih kemampuan motoriknya.

3. Dorong rasa ingin tahunya -- Mengenal konsep “aksi-reaksi” pada permainan balok
 
Bayi yang berumur 5 bulan dapat melatih kemampuan menggenggam dan bermainan permainan balok. Saat mereka bermain balok, mereka dapat mengetahui bahwa ketika mereka melakukan sesuatu, akan terjadi suatu hal lainnya sebagai akibat dari yang mereka lakukan. Konsep “aksi-reaksi” inilah yang kemudian akan meningkatkan rasa ingin tahu si Kecil. Si Kecil bisa mencoba untuk bermain BABY’S FIRST BLOCKS, untuk menemukan perbedaan warna dan bentuk pada balok plastiknya. Hal ini akan memicu rasa ingin tahu mereka dan mendorong mereka untuk lebih mengenal konsep “aksi-reaksi”.

 
Rasa ingin tahu pada bayi dapat mendorong perkembangan intelektualnya, serta memotivasi bayi untuk terus belajar. Perjalanan rasa ingin tahu si Kecil ini merupakan perjalanan panjang. Moms dan Dads harus terus mendorong dan mendukung si Kecil meningkatkan rasa ingin tahunya --terutama pada tahap-tahap awal perkembangannya, untuk mengembangkan intelektual si Kecil.
 
 
Sumber
  1. Berton L. White (2016), The New First Three Years of Life, Beijing United Publishing Co., Ltd.
  2. Liu Yunyan, Research on the Development of Children's Curiosity and Education Promotion, 2004 Doctoral Dissertation of Southwest China Normal University.
Tulisan yang kami lampirkan di atas hanyalah sebagai saran. Kami merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda, untuk informasi yang lebih lanjut. 

 

©2018 Mattel All Rights Reserved.