Rayakan Tiap Langkahnya

Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini Untuk Perkembangannya

 

Bermain sebenarnya merupakan kebutuhan dasar untuk setiap anak, karena anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Inilah kenapa di mana pun kapan pun biasanya anak-anak akan mencari barang untuk dijadikan mainan. Namun, bermain tak hanya menyenangkan dan membuat si Kecil bahagia, bermain juga punya segudang manfaat untuk perkembangan anak sejak usia dini.

 

Bermain bukan sekedar aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan anak, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi perkembangannya. Dengan kegiatan bermain yang menyenangkan, si Kecil bisa belajar hal-hal baru seputar dunianya serta mendapatkan stimulasi untuk kembangkan kemampuannya. Seperti yang disampaikan oleh ahli perkembangan anak Rachel Wachowski, Child Development Researcher dari Fisher-Price, "Imaginasi dan permainan bukan hanya tentang hiburan (bagi anak), keduanya adalah gerbang menuju dunia yang akan mengasah keterampilan mereka dan membantu mereka menemukan jati diri masing-masing."

Bermain juga merupakan salah satu cara alami bagi anak-anak untuk memahami dunia sekitar mereka. Oleh karena itu, bermain tak boleh dianggap sebagai kegiatan sepele ya, Bun.

Berikut ini beberapa manfaat lain pentingnya bermain untuk anak untuk tumbuh kembang yang optimal.

 

1. Mengembangkan Kemampuan Kognitif


Saat bermain, si Kecil dapat meningkatkan kecerdasan kognitif mereka karena ada banyak informasi baru yang bisa diserap si Kecil. Misalnya saja saat bermain anak jadi mengenal konsep angka dan huruf, belajar seputar warna-warna dari benda yang dipegangnya, hingga mengenal bentuk mainan yang berbeda-beda. Anak-anak akan memproses informasi yang mereka dapatkan dari bermain ini untuk mengeksplorasi dunia di sekelilingnya.

 

2. Mengasah Kreativitas 


Bermain mengasah imajinasi dan kreativitas si Kecil. Saat anak bermain, misalnya bermain peran menjadi koki, dokter, atau pekerjaan lainnya, anak akan belajar menciptakan cerita dan mengembangkan ide-ide baru. si Kecil juga akan menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka saat bermain untuk menghadapi berbagai situasi yang mereka hadapi.

3. Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah 


Bermain seringkali melibatkan tantangan-tantangan, misalnya saat anak bermain puzzle atau menyelesaikan teka-teki. Ini akan membantu anak melatih kemampuan memecahkan masalah yang mereka miliki. Saat mencoba menyelesaikan sesuatu berulang-ulang, anak dapat belajar berpikir kritis dan mencari solusi.

4. Mengoptimalkan Kemampuan Motorik 


Anak-anak akan menggerakkan bagian tubuhnya saat bermain. Baik menggunakan mainan atau melakukan permainan yang melibatkan gerak tubuh, bermain akan membantu si Kecil mengoptimalkan kemampuan motorik kasar dan halus yang mereka miliki. Misalnya saat anak merangkak untuk mengambil mainan, maka keterampilan motorik kasarnya akan terasah. Sedangkan saat memegang dan memindahkan mainan, kemampuan koordinasi mata dan tangannya akan dilatih.

5. Membangun Kepercayaan Diri Anak


Manfaat bermain lainnya adalah memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk ekplorasi dan mencoba hal baru. Saat si Kecil berhasil memecahkan suatu masalah, hal ini akan membangun rasa kepercayaan diri mereka. Lewat bermain, anak belajar bahwa mereka mampu melakukan apa pun yang mereka inginkan dan mencapai tujuan. Ini adalah dasar yang penting untuk mengembangkan rasa percaya diri yang positif.

 

6. Mempelajari Kemampuan Bahasa


Kemampuan bahasa yang optimal adalah dasar dari keterampilan berkomunikasi yang baik di masa depan. Saat bermain dengan Bunda atau temannya, anak-anak akan melatih kemampuan berbicara mereka. Misalnya saat Bunda menceritakan dongeng dari buku, si Kecil tak hanya melatih kemampuan mendengarkan tapi juga memperkaya kosakata yang mereka miliki sehingga di kemudian hari dapat menyusun kalimat saat berkomunikasi dengan orang lain.

 

7. Mengasah Kemampuan Sosial 


Ketika bermain bersama teman seusianya atau pun bermain bersama anggota keluarga, anak akan mengasah kemampuan sosial mereka. Si Kecil akan belajar untuk berbagi, bekerja sama, hingga mengatasi konflik. Bermain juga memperkenalkan si Kecil kepada nilai-nilai seperti kejujuran, empati, rasa hormat, dan nilai positif lainnya. Dengan kemampuan sosial yang terasah baik, anak bisa membangun hubungan yang sehat saat mereka tumbuh dewasa. 

 

Kebutuhan akan aktivitas bermain itu harus didapatkan oleh si Kecil ya, Bunda. Orang tua bisa membantu anak memenuhi kebutuhan bermainnya dengan menyediakan mainan atau mengajak si Kecil melakukan berbagai permainan. Karena bermain itu penting bagi si Kecil, pemilihan mainannya pun sebaiknya diperhatikan. Mainan si Kecil harus aman serta sesuai dengan usia dan tingkat perkembangan anak. Misalnya, untuk si Kecil yang berusia di bawah 2 tahun, Bunda perlu menghindari screen time atau pemberian gadget sebagai mainannya. 

 

Agar si Kecil mendapatkan stimulasi yang dukung perkembangannya, Bunda bisa memfasilitasi waktu bermainnya dengan menyediakan mainan tepat sesuai usianya seperti mainan-mainan edukatif dari Fisher-Price. Berbagai pilihan mainan edukatif unggulan dari Fisher-Price bantu Bunda hadirkan waktu bermain yang lebih menyenangkan sekaligus dukung si Kecil saat menjalani tahapan penting di kehidupannya. Si Kecil bisa bermain sambil belajar kata pertamanya hingga mendorong langkah pertamanya bersama mainan Zebra Walker dari Fisher-Price. 

Fisher-Price Zebra Walker memiliki dua metode bermain: sambil duduk dan bermain untuk menemani si Kecil dengan berbagai fitur permainan, atau sambil berdiri dan belajar berjalan ditemani dengan berbagai frasa, musik, dan lagu yang akan mendorong anak untuk terus bergerak. Bunda juga bisa memberikan mainan interaktif seperti Laugh & Learn Twist & Learn Gamer dari Fisher-Price yang bentuknya mirip seperti perangkat game orang dewasa namun dilengkapi dengan berbagai fitur yang ramah untuk dimainkan si Kecil. Mainan ini hadir dengan 2 pegangan "pengontrol" yang bisa diputar, digeser, serta dilengkapi banyak tombol menyenangkan untuk ditekan oleh si Kecil. Saat bermain dengan Fisher-Price Laugh & Learn Twist & Learn Gamer, si Kecil bisa mengaktifkan lampu warna-warni, mendengar lagu, serta berkenalan dengan angka, bentuk, dan warna. Bunda dapat menemukan berbagai pilihan mainan edukatif unggulan dari Fisher-Price dengan mengunjungi Fisher-Price Official Flagship Store di platform e-commerce, ya.

 

Bermain adalah aktivitas yang penting dan berpengaruh pada tumbuh kembang si Kecil. Di usia dini, anak sangat responsif terhadap stimulasi sensori yang didapat, sehingga saat bermain anak sebaiknya menggunakan mainan yang tepat untuk dukung perkembangannya. Yuk, Bunda, biarkan si Kecil bermain sesuka hatinya dengan mainan yang tepat sesuai tahapan usianya agar perkembangannya optimal.