Rayakan Tiap Langkahnya

Milestone perkembangan bayi usia 6 - 8 bulan

Bayi berusia antara 6 dan 8 bulan biasanya tumbuh dan berubah dengan cepat. Beberapa orang tua mungkin membandingkan perkembangan bayi mereka dengan bayi orang lain karena mereka terlalu cemas mengenai hal itu. Akan tetapi, bayi adalah individu dan pertumbuhannya sering dipengaruhi oleh perbedaan individu dan lingkungan, sehingga sulit untuk menetapkan standar yang seragam. Namun jangan khawatir Moms, karena kami telah menyiapkan beberapa milestone perkembangan yang dicapai sebagian besar bayi pada usia 6 - 8 bulan sebagai referensi, sehingga Moms dapat memahami tumbuh kembang si Kecil dengan lebih baik.
 
Perkembangan Fisik:

Perkembangan fisik bayi usia 6-8 bulan dapat lebih mudah terlihat. Mereka mengalami peningkatan yang lebih signifikan dalam keterampilan motorik kasar dan halus, dan sering kali tercermin dalam tindakan berikut:
  • Merangkak ke segala arah
  • Bisa duduk atau berdiri sendiri setidaknya selama 10 menit, dan bergerak-gerak dengan pinggul atau lengan
  • Bisa berdiri dengan orang dewasa memegangnya
  • Memakan kaki mereka saat berbaring telentang
  • Meraih benda kecil dengan ujung jari
  • Dapat mengambil dua benda pada saat bersamaan, seperti botol bayi dan mainan.
  • Dapat memegang tangan mereka
  • Mulai makan dengan menggunakan tangan dan bisa mengambil cangkir atau sendok
Pada tahap ini, Moms dapat menggunakan beberapa mainan untuk membantu si Kecil untuk melatih semua aspek keterampilan mereka! Misalnya, beberapa bayi mungkin mengalami kesulitan duduk dan berdiri. Mereka tidak bisa dan tidak akan mau duduk ketika mereka merasa bosan, gelisah, dan tidak bersemangat. Ini adalah saatnya Play & Learn Activity Cube Fisher-Price hadir! Dengan mainan ini, Moms dapat mendorong si Kecil untuk duduk dan berdiri dalam waktu yang lebih lama. Mulailah dengan mengajari si Kecil aktivitas menyenangkan yang dapat mereka lakukan dengan mainan tersebut! Moms dapat menunjukkan kepada si Kecil bagaimana meletakkan balok-balok penyusun dari berbagai bentuk ke dalam lubang yang sesuai, dan memainkan peran percakapan telepon menggunakan telepon mainan. Kemudian, biarkan dia bereksplorasi sendiri! Si Kecil mungkin memegang dan melempar balok, mencoba mencocokkannya dengan bentuk lubang, atau menumpuknya. Ini akan membantunya meningkatkan keterampilan menggenggam dan koordinasi, dan juga memperkuat tubuh bagian atas. Setelah beberapa waktu, si Kecil akan bisa duduk tegak dengan mantap.
  


Perkembangan kognitif:

Bayi usia 6 - 8 bulan menjadi lebih cerdas, yang ditunjukkan oleh:
  • Menjadi sangat tertarik pada hubungan sebab dan akibat
  • Memahami bahwa objek eksternal adalah tiga dimensi
  • Mencari objek di mana ia pertama kali muncul
  • Memahami konsep "masuk" dan "keluar"
  • Memahami konsep "satu" dan "banyak"
  • Dapat mengingat hal-hal dari masa lalu, dan memiliki ekspektasi tentang hal-hal familiar yang akan terjadi selanjutnya
  • Bisa meniru tindakan orang lain
  • Dapat memecahkan masalah sederhana, seperti menarik mainan dengan tali
  • Memahami instruksi sederhana
  • Mengoceh dan membuat semua jenis suara
  • Membuat suku kata untuk mengekspresikan makna konkret, seperti "ma" dan "pa".
Pertumbuhan intelektual mereka sangat cepat pada tahap ini. Mereka dapat menyimpulkan beberapa pola dengan mengamati rutinitas harian orang tua, memahami ruang dan kuantitas melalui permainan sehari-hari, dan bahkan memecahkan beberapa “masalah”! Cobalah untuk membiarkan si Kecil bermain dengan Fisher-Price’s Play & Learn Activity Cube, mainan ini dapat membantu lebih lagi dalam meningkatkan pertumbuhan si Kecil!

Mereka mungkin memegang balok segitiga dan mencoba memasukkannya ke dalam lubang bundar atau persegi sampai mereka menemukan bentuk lubang yang benar, menekan tuts piano dari memori untuk memainkan lagu yang mereka suka, dan terkejut saat menemukan balok yang dia masukkan ke dalam kotak selalu berakhir muncul keluar dari mulut kuda nil, yang membuat mereka ingin mengulangi proses itu berulang kali. Bahkan ketika Moms meninggalkan kotak di selimut yang jauh dari mereka, mereka bisa menjadi kreatif dan mendapatkan mainan dengan menarik selimut. Saat bermain dengannya, mereka akan terstimulasi untuk berpikir dan mengembangkan keterampilan memecahkan masalah.

 
Bayi juga mulai mengoceh pada tahap ini. Tidak peduli apa yang mereka katakan atau apakah mereka berbicara dengan jelas atau tidak, jangan hentikan atau koreksi mereka karena ini akan melemahkan motivasi mereka. Moms dapat berbicara lebih banyak dengan si Kecil selama waktu bermain, dan kata-kata yang Moms ucapkan akan sangat membantu perkembangan bahasa mereka.
 
Perkembangan Sosial & Emosional:

Antara 6 - 8 bulan, Moms dapat mulai memperhatikan perkembangan sosial dan emosional si Kecil dengan perilaku berikut:
  • Mulai mengembangkan kecemasan akan perpisahan dan ketakutan terhadap orang asing
  • Dapat mengenali anggota keluarga dan orang yang mereka kenal, tetapi mereka yang akan memutuskan apakah akan memeluk orang tersebut atau tidak
  • Menarik perhatian orang tua dengan menangis saat mereka tidak ada di sekitar
  • Dapat menanggapi suara seseorang meskipun mereka tidak terlihat
  • Memainkan mainan sendiri
  • Menyukai cermin
Si Kecil sudah mengembangkan kecerdasan emosional pada usia ini, dan mereka akan terus menunjukkan ekspresi manis kepada Moms. Mereka menjadi lebih mandiri dan bisa bermain sendiri untuk waktu tertentu (Moms tetap harus mengawasi mereka). Moms juga dapat mendorong mereka untuk terus maju dengan memberi mereka mainan yang mengeluarkan suara menarik untuk mendapatkan perhatian mereka, dan membimbing mereka hingga memainkan mainannya sendiri.

Sekitar usia 8 bulan, si Kecil akan mulai merangkak. Akan lebih baik untuk Moms mengajari mereka cara merangkak dengan memberikan mainan yang mengeluarkan suara. Fisher-Price Crawl & Learn Fox dapat memainkan musik dan suara yang menyenangkan untuk menarik si Kecil merangkak meraih mainan dan memainkannya, yang akan sangat membantu perkembangan keterampilan sosial dan emosional mereka.
 


Selama kurun waktu 6 - 8 bulan, bayi cenderung mengalami pertumbuhan dan perubahan yang lebih terlihat di segala aspek, seperti fisik, kognitif, bahasa, dan perkembangan sosial dan emosional. Milestone perkembangan di atas hanya untuk referensi, beberapa bayi mungkin akan mencapainya di lain waktu. Selama bukan karena penyakit atau sebab lain, tidak perlu terburu-buru. Tugas terpenting bagi Moms adalah merawat si Kecil dengan baik dan memastikannya bahagia, sehat, dan aman.
 
Tulisan yang kami lampirkan di atas hanyalah sebagai saran. Kami merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda, untuk informasi yang lebih lanjut.

 

©2018 Mattel All Rights Reserved

Artikel terkait