Jelajahi artikel parenting bayi dan anak

Berbagai Permainan Kreatif untuk Melatih Kemampuan Si Kecil Usia 9 Bulan

Selamat, Moms! Sekarang si Kecil sudah berusia sembilan bulan. Itu berarti perkembangan si Kecil sudah selangkah lebih maju. Salah satunya adalah mengenali kemampuan si Kecil, lalu menemukan permainan yang cocok, demi meningkatkan kemampuannya.

Berbagai Kemampuan si Kecil Ketika Mencapai Usia 9 Bulan

Begitu menginjak usia 9 bulan, kemampuan si Kecil sudah bertambah. Kemampuan ini berupa kemampuan kognitif, fisik, bahasa dan komunikasi, sosial dan emosional, serta keterampilan motorik kasar dan halus. 

Kemampuan kognitif

Kemampuan kognitif berkaitan dengan rasa keingintahuan. Pada usia sembilan bulan, kemampuan kognitif si Kecil sudah lebih berkembang, sehingga bisa menunjuk objek yang disebut dan sudah mulai mengerti perintah sederhana. Moms harus sudah mulai menstimulasi kemampuan ini untuk memberikan kepuasan pada si Kecil mengenai rasa ingin tahunya. 

Kemampuan fisik

Selain kemampuan kognitif, fisik si Kecil juga semakin bertumbuh. Moms bisa mengajak si Kecil melakukan berbagai kegiatan yang mendukung tumbuh kembang fisik yang aktif. Pada usia ini, si Kecil mulai bisa merangkak, bersembunyi atau bermain di furniture, dan membalik halaman buku. 

Kemampuan bahasa dan komunikasi

Jangan heran ketika si Kecil sudah mulai bisa mengucapkan kata “mama”. Sebab, kemampuan berbahasanya sudah mulai tampak. Si Kecil mulai bisa mengucapkan kata sederhana seperti “mamama” atau “bababa”. Selain itu, si Kecil juga mulai tahu ketika dirinya dipanggil, serta mengenali namanya. 

Kemampuan sosial dan emosional

Jangan lupa juga menstimulasi kemampuan sosial dan emosionalnya untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Ketika Moms memberi semangat untuk mengambil sebuah benda dan si Kecil berhasil mengambilnya, si Kecil akan merasa senang dan rasa percaya dirinya akan tumbuh. 

Keterampilan motorik kasar dan halus

Selain yang sudah disebutkan di atas, kemampuan yang berkembang pada si Kecil adalah keterampilan motorik dan halus. Si Kecil sudah mampu meraih benda serta memindahkan benda dari tangan yang satu ke tangan yang lain atau dari satu tempat ke tempat lain.

Permainan Kreatif untuk Mendukung Tumbuh Kembang si Kecil

Ada berbagai macam permainan yang bisa Moms lakukan bersama si Kecil, dalam rangka mendukung tumbuh kembangnya. Permainan-permainan itu adalah:

Bermain bayangan

Ini saatnya mengenalkan bayangan pada si Kecil. Tujuannya adalah agar si Kecil memerhatikan cahaya serta mengenal konsep gelap dan terang, Moms bisa mengajaknya bermain di siang atau malam hari. Bila siang hari, manfaatkan bayangan yang terbentuk langsung dari sinar matahari dan terpantul pada dinding. Ajaklah si Kecil “menangkap” bayangan. Sesekali ajak juga memegang bayangan tersebut. Bila malam hari, matikan lampu kamar dan nyalakan senter dari ponsel. Manfaatkan tangan, jari, atau anggota tubuh lain untuk membentuk bayangan yang unik. Biarkan si Kecil asyik mengeksplorasi dan memaksimalkan kemampuan visualnya. 

Bermain air

Hampir semua bayi senang bermain air. Bermain air juga bermanfaat meningkatkan tumbuh kembang si Kecil, mengembangkan kemampuan kognitif, serta membangun kepercayaan diri. Sesekali ajak si Kecil bermain air. Bisa menggunakan kolam renang yang digelar di rumah atau bawa si Kecil pergi ke kolam renang sungguhan. Mengenalkan si Kecil dengan air sejak dini akan menumbuhkan keberaniannya untuk belajar berenang ketika sudah besar nanti. 

Bermain donat susun

Sudah saatnya Mom melatih si Kecil dalam memecahkan masalah. Eits! Jangan langsung berpikir yang sulit-sulit. Memecahkan masalah di sini bukan berarti si Kecil mendapatkan masalah besar seperti orang dewasa, tetapi, maksudnya adalah, si Kecil belajar menyelesaikan “tugas”nya. Sebagai contoh, letakkan semua donat susun itu di lantai. Ajarkan si Kecil untuk menyusunnya kembali sesuai ukuran donat tersebut, dari yang lingkarannya paling besar sampai yang paling kecil. Dengan demikian, si Kecil jadi mengerti bahwa mainan tersebut (dan segala sesuatu di dunia ini) memiliki aturan. 

Tidak perlu bingung mendapatkan mainan donat susun. Fisher-Price memiliki produk mainan Fisher-Price Rock-a-Stack® yang berkualitas. Mainan ini terbuat dari bahan plastik yang kuat, kokoh, dan aman, sehingga Moms tidak perlu khawatir si Kecil terkontaminasi zat berbahaya. 

Bermain cilukba

Siapa sangka kalau mainan yang terasa “jadul” ini masih efektif dan bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri si Kecil? Meskipun terasa membosankan, tetaplah ajak si Kecil bermain cilukba. Tutup wajah Moms dengan tangan, lalu panggil nama si Kecil. Ketika si Kecil sudah menemukan wajah Moms, bukalah tangan Moms sambil mengatakan “baaa”. Biasanya si Kecil akan tertawa karena tertarik dan senang melakukan permainan ini. Moms juga bisa menggunakan donat susun sebagai alat untuk bermain cilukba. Caranya sama saja. Hanya, kali ini Moms menutup wajah menggunakan salah satu donat susun tersebut. Ajari juga si Kecil yang menutup wajahnya dengan donat itu dan memindahkannya agar wajahnya terlihat lagi. 

Bernyanyi sambil bertepuk tangan

Ada dua hal yang terlatih ketika Moms mengajak si Kecil bernyanyi sambil bertepuk tangan. Pertama, si Kecil akan bertambah kosa katanya karena mendengar lagu. Kedua, melatih koordinasi tangan dan mata. Kalau manfaatnya banyak seperti ini, kenapa masih ragu melakukan aktivitas tersebut? Ayo, Moms, mulailah bernyanyi sambil bertepuk tangan bersama si Kecil!

Bola bergulir

Bermain bola bergulir akan mengembangkan motorik kasar si Kecil. Si Kecil juga belajar meniru serta bersabar menunggu giliran. Pilih bola berukuran sedang. Gulirkan bola ke arah si Kecil. Biasanya ada dua kemungkinan respons yang akan dilakukan si Kecil, yaitu diam sambil memerhatikan bola saja atau berusaha menghentikan bola itu. 

Apabila si Kecil menghentikan bola itu, ajarkan untuk menggulirkan lagi ke arah Moms. Namun, apabila si Kecil tidak menghentkan bola itu, teruslah beri contoh atau berikan bola itu padanya, agar dia meniru menggulirkan bola tersebut. 

Berbicara di telepon

Bermain berbicara di telepon akan mengembangkan kemampuan komunikasi si Kecil. Kenalkan si Kecil dengan kegiatan “berbicara di telepon”.
 

Gunakan benda-benda yang ada di sekitar, sebagai teleponnya. Berpura-puralah sedang berbicara dengan seseorang di seberang sana, misalnya, si kakak, papanya, atau nenek/kakeknya. Usahakan agar si Kecil memerhatikan Moms bicara. Lalu, bimbing si Kecil melakukan hal yang sama sampai dia merasa nyaman dan kemudian ikut “berbicara di telepon”. 

Mengenal tekstur

Sudah waktunya si Kecil mengenal tekstur benda-benda yang ada di sekitarnya. Siapkan board book yang kokoh, boneka berbulu lembut, donat susun yang licin, dan teether yang lentur. Ajak si Kecil memegang semua benda-benda ini. Kulitnya akan merasakan board book yang kokoh, boneka yang bisa dielus dengan gemas, donat susun yang licin saat dipegang, dan teether yang mudah berubah ketika digigit. Biarkan jika si Kecil memasukkan benda-benda tersebut ke dalam mulut asalkan Moms tetap mengawasi. Si Kecil akan belajar mengerti bahwa tekstur benda-benda di sekitarnya berbeda-beda.


Masih banyak lagi jenis permainan yang bisa melatih tumbuh kembang si Kecil. Rajin-rajinlah mencari permainan baru agar acara bermain dengan si Kecil semakin asyik ya, Moms! Dengan demikian, kemampuan si Kecil juga terus berkembang. 



Sumber:

Ruangmainan - Mainan Ring Donat yang Memiliki Banyak Manfaat

Inspirasi Permainan untuk Bayi Sesuai Usianya (zwitsal.co.id)

7 Jenis Mainan untuk Melatih Kemampuan Bayi (halodoc.com)

9 Pilihan Mainan Edukasi untuk Bayi 7 Bulan - Nutriclub

5 Manfaat Main Balok untuk Anak, Bisa Bikin Percaya Diri! | Orami

Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja? (generasimaju.co.id)

14 Ide Aktivitas dan Permainan Bayi Usia 9 Bulan (theasianparent.com)